[Review] Operation : Break The Casanova's Heart by Aly Almario

Kamis, 12 November 2015


Judul : Operation: Break the Casanova's Heart
Penulis : Aly Almario
Penerjemah : Airien Kusumawardani
Penyunting : KP.Januwarsi
Penerbit : Haru
Cover : Saiful Rohman (COKROID)
Terbit : Cetakan pertama, Oktober 2015
Tebal : 224 halaman
Harga : Rp57.000
ISBN : 978-602-7742-64-2
Blurb : 
Misi: Menghancurkan Hati Sang Casanova 
10 Tugas yang Harus Diselesaikan:
1. Buat dia menyadari kehadiranmu.
2. Buat dirimu menonjol dari cewek-cewek lain.
3. Dapatkan ajakan untuk berkencan.
4. Jadikan kencan tersebut sangat berkesan.
5. Buat dia menganggapmu serius.
6. Pastikan dia hanya berkencan denganmu.
7. Buat dia mengajakmu menemui orangtuanya.
8. Buat dia menciummu, —ciuman yang tulus.
9. Jadilah pacar terbaik yang pernah dia miliki.
10. Langkah terakhir: HANCURKAN HATINYA.

Satu-satunya peraturan yang harus kau patuhi dalam misi ini adalah: jangan jatuh cinta kepadanya. Kalau kau melanggar peraturan ini, maka misi akan dianggap gagal. Sebagai gantinya, kau akan menerima hukuman yang berat.

Naomi Perez terpaksa menjalankan misi tersebut karena Stephen Cruz--—Sang Casanova--—adalah cowok yang telah menghancurkan hati sahabatnya, —Kryzel. 
Apakah Naomi berhasil membuat Stephen jatuh cinta kepadanya? Ataukah keadaan justru berbalik, dan Naomi jatuh cinta kepada Stephen?

Sumber : figment.com
"Saat kau mencintai seseorang, kau mencintainya begitu saja." - halaman 116
Naomi Mikael Perez sudah lelah melihat sikap Sang Casanova kampusnya, Stephen Cruz. Ia dan Stephen sudah menjadi teman sekelas sejak duduk di bangku SMA. Namun, keduanya tak dekat, mereka hanyalah dua orang yang berada di kelas yang sama tanpa pernah benar-benar berinteraksi. Lalu, akhirnya mereka bertemu lagi saat berada di jenjang pendidikan selanjutnya, memasuki kampus dan mengenal dunia perkuliahan. 

Awalnya, Naomi tak benar-benar ingin memusingi tingkah Stephen yang terkenal sebagai Casanova dengan jangka waktu pacaran terlama hanya empat hari dan selalu dikelilingi oleh sekelompok cewek. Namun ketika sahabat NaomiKryzel juga menjadi korban dari Sang Casanova, Naomi sudah tak bisa tinggal diam, ia berjanji bahwa cowok brengsek itu akan mendapatkan balasannya!

Sumber : younganddazzling.blogspot.com
"Di dalam permainan bernama 'Cinta', yang kalah adalah yang pertama jatuh cinta." - Operation: Break the Casanova's Heart. 
Lalu, muncullah Yannie dan France yang tergabung dalam KPSC, 'Koalisi Pembenci Stephen Cruz'. Mereka mengajak Naomi ke markas KPSC lalu memberikan sebuah catatan yang berisikan misi untuk menghancurkan hati Sang Casanova kemudian mengajak Naomi terlibat dalam misi tersebut. Namun, Naomi tak mengiyakan hal tersebut. Naomi lebih memilih untuk mendatangi Stephen dan memberi pelajaran dengan meninju wajah cowok itu, namun yang didapatkan Naomi malah sebuah perlakuan tak menyenangkan! 

Akibat dari 'perlakuan tak menyenangkan' yang didapatkan Naomi, ia akhirnya kembali ke markas KPSC dan menyetujui untuk terlibat dalam misi menhancurkan hati Sang Casanova, ia pun menandatangani perjanjian untuk melakukan misi itu sampai selesai. 

Sumber : theredish.com
"Selama aku tidak jatuh cinta, aku tidak akan pernah terluka." - halaman 39
Akhirnya Naomi mulai menjalankan misinya untuk mendekati Stephen dengan Yannie dan France yang mengubah penampilan Naomi menjadi lebih feminim akhirnya berhasil membuat Stephen tertarik pada Naomi. Namun, saat Naomi dan Stephen akhirnya mulai dekat, sosok Drew yang tak lain adalah sahabat sekaligus orang yang sudah lama Naomi sukai kemudian muncul mengungkapkan perasaannya pada Naomi. Lalu apa yang harus dilakukan Naomi? Tetap berpura-pura tertarik pada Stephen demi menyelesaikan misi ini? Atau berhenti dari misi ini dan menjalin hubungan dengan Drew?

Sumber : sarahisawriter.tumblr.com
"Lebih baik aku memiliki persahabatan kita daripada kehilanganmu sama sekali." - halaman 95

Kali pertama membaca novel terjemahan Filipina! Saya nggak nyangka bisa baca novel terjemahan dari beberapa Negara di dunia! Dan kali ini, karya dari Filipina menjadi yang saya cicipi. Salah satu hal yang saya sukai saat membaca novel terjemahan adalah bisa lebih mengenal budaya  dan bahasa dari Negara tersebut, dan dengan membaca novel ini, saya dapat lebih mengetahui Tagalog.

Saya suka bagaimana sang Penulis menyajikan cerita ini, bahasa yang digunakan tak kaku sehingga saya menjadi nyaman saat membacanya. Untuk tema cerita yang dibawakan sendiri memang sudah sering kita temui yaitu sesuatu yang berawal dari benci, namun penulis menambahkan beberapa hal yang membuat kisah ini terasa beda, seperti permasalahan pribadi dari salah satu tokoh yang kemudian menjadi benang merah sendiri dan membuat kisah ini semakin menarik.

Untuk para tokoh sendiri memiliki karakter yang berbeda sehingga membuat cerita ini lebih berwarna. Berbagai karakter dari para tokoh bisa memberi warna tersendiri pada cerita ini.

Namun, saat mendekati ending, saya rasa kisah ini ditutup dengan terlalu terburu-buru. Entah saya merasakan itu karena memang itulah yang terjadi pada cerita ini, atau karena saya yang kurang puas dan tak mau terburu-buru menyelesaikan membaca buku ini? 


Untuk cover sendiri, saya suka! Saya suka dengan paduan warna yang digunakan di cover. Apalagi sosok Naomi yang menoleh ke belakang dengan senyuman yang sulit untuk diartikan. Membuat pembaca bertanya-tanya apa maksud dari senyuman tersebut.

Jadi, secara keseluruhan cerita ini nyaman untuk diikuti dan cocok untuk kalian yang ingin mencicipi novel terjemahan Filipina. Saya menunggu novel-novel Filipina lainnya dari Penerbit Haru!

Review diikutkan dalam :
*Tantangan Membaca Haru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS