[Review] Teenlit : Hey! You! by Pelangi Tri Saki

Minggu, 17 Mei 2015


Teenlit : Hey! You! by Pelangi Tri Saki


Judul : Hey! You!
Terbit : Mei 2015
Penulis : Pelangi Tri Saki
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama - Teenlit
Editor : Ruth Priscilia Angelina
Desain Cover : Orkha Creative
Harga : Rp.50.000
Tebal : 200 Halaman ; 20 cm
ISBN : 978-602-03-1627-7
Blurb :
“KAK ILLO SAYANGGG, BANGUN!!!” 
Teriakan dari balkon seberang rumah itu sudah setia menemani hari Zillo sejak
bertahun-tahun lalu. Pelakunya? Siapa lagi kalau bukan si bocah upil, Nadira,
cewek yang sudah naksir Zillo sejak mereka masih kecil. 
Dan sekarang si bocah upil itu masuk ke SMA yang sama dengan Zillo! Cewek itu mengintilinya ke mana-mana di hari pertama ospek, nekat nyanyiin lagu romantis yang nggak banget di depan semua anak, merusak reputasi Zillo sebagai ketua OSIS tampan dan terkenal. 
Tahun terakhir Zillo di SMA berubah jadi neraka!
Tapi, apa benar terasa kayak neraka? Kalau semua itu begitu menyebalkan,
kenapa Zillo jengkel waktu Nadi ditaksir ketua ekskul karate? Kenapa Zillo kesal
waktu sahabatnya sendiri berubah jadi overprotective ke Nadi? 
Masa iya dia jatuh cinta sama si bocah upil?!
Terus, gimana kalau ternyata Zillo terlambat jatuh cinta?

= "But, someday, I'll make you fall in love with me." - halaman 35 = 
Kata orang kalau udah cinta itu, rasanya pengen nempel terus sama doi. Begitu juga yang dirasakan oleh Nadira Nadhitama, atau lebih dikenal dengan 'Nadi'. Nadi ini adalah cewek cantik, pintar, dan juga memiliki suara bagus. Namun, sikapnya yang errr..... sedikit petikilan dan rela ngelakuin apa aja demi bisa dekat sama Arzillo Hermawan, malah membuat Zillo merasa ilfeel dengan Nadi. 

Nadi adalah anak sulung dari Jefan Nadhitama dan Meta Anindya Prameswari. Kedua orangtua Nadi ini adalah sahabat dari mamanya Zillo, Mama Anna sejak masa sekolah dulu. Selain itu juga ada Noel dan Nigi, anak kembar dari Mama Zia dan Papa Ardi, Zia sendiri juga bersahabat dengan Jefan, Meta, dan Anna sejak dulu. Itulah sebabnya mengapa keluarga mereka menjalin kedekatan yang amat sangat dekat.

"Tapi, manusiawikan, kalau pengin orang yang kita suka, suka sama kita juga?" - halaman 169
Zillo dan Nadi selalu masuk ke sekolah yang sama, namun hanya bertemu di sekolah tersebut selama setahun, ya sistemnya sih Nadi masuk kelas satu, terus Zilo nya udah kelas tiga. Nadi ini sayang sama Zillo, saking sayangnya nih ya setiap paginya Nadi selalu membangunkan Zilo dengan suaranya yang sudah seperti 'kaleng rombeng' menurut Zilo. Nadi ingin selalu ada di samping Zillo, siapa tau saja Zillo nanti akan membalas perasaannya? 

Novel Hey! You! ini berlatarkan kisah SMA Zillo dan Nadi, dimana Nadi yang baru menginjak kelas 1 di SMA Harapan dan Zillo sudah kelas 3 SMA. Nadi sendiri sudah membuat kehebohan di hari pertamanya di SMA tersebut, bagaimana tidak? dengan pedenya, Nadi menyanyikan lagu Mine karya Petra Sihombing untuk Zillo, yang berpredikat sebagai Ketua Osis tampan yang memiliki banyak penggemar, selain itu Nadi juga mengumbar bahwa Zillo adalah 'miliknya'. Sikap Nadi tersebut malah menimbulkan dampak negatif bagi dirinya sendiri, ya sedikit mendapatkan bully-an dari penggemar Zillo lainnya~ 

Bergabung dengan OSIS membuat Nadi semakin dikenal oleh banyak siswa, banyak cowok yang sepertinya menyukai Nadi. 

"Sementara lo sibuk dengan perasaan lo sendiri, orang lain sibuk mengalihkan perasaan dia." - Noel, halaman 99
Salah satunya yang paling mencolok adalah Revo, cowok yang berada di ekskul karate ini menampakkan sikap terang-terangannya menaksir Nadi. Nadi pun sepertinya nyaman-nyaman saja dengan sikap Revo, lalu apakah Nadi nantinya akan memutar haluan perasaannya dari Zillo ke sang ketua karate, Revo? 
Zillo yang menyadari kedekatan mereka tersebut kemudian merasa agak terganggu, lho kenapa? kenapa Zillo merasakan hal tersebut? 

"Didiamkan, apalagi dianggap tak ada oleh orang yang kita sayang memang lebih menyakitkan dibanding orang itu membenci kita." - Eril, halaman 97
Lalu apakah Nadi akan tetap berjuang untuk mendapatkan Zillo? Di saat beberapa cowok tampan yang sudah nyata-nyata selalu ada di sampingnya dan memperlihatkan sikap sayang dan perhatian kepadanya, apakah Nadi masih bertahan untuk mendapatkan balasan perasaannya dari Zillo? 

Perlu kita ingat bahwa setiap orang punya saatnya sendiri untuk lelah, bahwa seseorang akan berhenti mengejar suatu hal yang ia inginkan jika ia sudah lelah akan semua rintangan dan perjuangannya selama ini yang sepertinya tak membuahkan hasil apa pun~ 

Belum selesai dengan Revo, sikap perhatian Noel yang sangat dekat dengan Nadi juga membuat Zillo merasakan suatu hal, suatu perasaan gelisah yang ia rasakan saat melihat Nadi dekat dengan cowok lain.....

"Untuk patah hati lo nggak harus menemukan fakta dia udah punya pacar atau belum. Tapi ke mana hatinya tertuju." - Noel, halaman 68

Alhamdulillah, saya mendapatkan kesempatan membaca buku ini beberapa hari setelah terbit :) terimakasih untuk kak Saki :D

Jam 9 malam kemarin, mas-mas JNE mengantar buku ini dengan selamat. Dan langsunglah saya mulai baca, kemudian pagi tadi selesai bacanya. 

Oke, saya benar-benar suka gaya kak Saki membawakan cerita, mulai dari cara dia bercerita di wattpad, aku tau kalau karya kak Saki ini pantas untuk dibukukan, dan ya seperti yang bisa kita lihat sekarang, akhirnya Bang Illo dan Nadi sukses menjadi sebuah Teenlit.

Sudah lama saya nggak baca Teenlit dan waktu tau Hey! You! bakal diterbitkan jadi Teenlit rasanya seneng banget dan segera dimasukkan ke wishlist, ya selama ini lebih sering baca novel terjemahan Korea atau Jepang sih, hanya sesekali baca karya penulis Indonesia, dan salah satu resoluisi saya tahun ini adalah membaca banyak karya penulis Indonesia.

Hey! You, cerita cinta remaja SMA yang dapat membuat kita senyum-senyum bahkan tertawa dibuatnya. Tingkah konyol Nadi demi dekat dengan Zillo sukses mewarnai cerita ini. 

Cover, jujur aku nggak terlalu suka sama covernya :( menurutku tulisan 'Hey! You!' nya itu nggak cocok kalau modelnya gitu #Maafkeun. Tapi ilustrasi Zillo Nadi nya udah cocok kok.

Gambar-gambar unyu di awal bab, yeaaa suka sama gambar unyu di awal babnya, gambar gitar, matahari, dan lainnya >,< cantik! bisa mengisi kekosongan dan errr pokoknya suka deh!

Font, untuk font udah oke.

Penokohan, suka! suka banget! abang Noel Syahreza nya minta dipacarin banget ya :( ? rasanya pengen narik Noel dari dalam novel >,< terus Zillonya bikin greget gitu jadi pengen jambak(?) rambutnya, Nadinya ceria banget :') sabar banget ya merjuangin Bang Illo, Nigi! duh Nigi diriku kangen kepadamu {}, Ucup! UCUP AKHIRNYA KITA BISA BERTEMU LAGI xD ahaha Ucup ini rada-rada lucu juga, Revo emmm Revo kenapa ya? buat Revo nggak ada komentar deh. Kemudian, Papa Jefan, Mama Meta, Bunda Anna, Ayah Gibran, Mama Zia, Ayah Ardi duh kangen mereka juga :') mereka punya ceritanya sendiri dulu di wattpad. Jadi Hey! You! ini sebagai obat kangen juga sih ya. 

Alur, lancar berjalan lurus dan rapi!

TYPO, sangat disayangkan aku nemuin cukup banyak typo di novel ini : 

1) Halaman 33 : "Zilo melirik tajak ke arah Aran, membuat gadis itu bergidik." 
   koreksi :     harusnya di situ "tajam" bukan "tajak"

2) Halaman 104 : "Di depan ruangan ia berpapasan dengan Nadi yang menatap marah ke arah kerumunan tersebut." 
   koreksi : harusnya di situ "Nigi" bukan "Nadi", aku baru ngeh kalau di situ salah tulis  nama waktu baca bagian itu beberapa kali.

3) Halaman 163 : "Kedua motor itu melaju dengan kesepatan tinggi hingga...." 
   koreksi : harusnya di situ "kecepatan" bukan "kesepatan".

4) Halaman 171 : "..... senyum agar orang-orang disekelilingnya tak...."
   Koreksi :  harusnya di situ "di sekelilingnya" bukan "disekelilingnya" karena 'sekeliling' itu menunjukkan tempat.

5) Halaman 191 : "Rahangya mengeras, matanya menajam....." 
    Koreksi : harusnya di situ "rahangnya" bukan "rahangya".

6) Halaman 191 : "Perlahan ia merrasakan tangan...." 
    Koreksi : harusnya "merasakan" bukan "merrasakan".

7) Halaman 196 : "Nadhira Adhitama"
    Koreksi :  harusnya "Nadira Nadhitama" emm itu sih setau aku ya, karena setau aku  sih nama lengkapnya Nadi itu Nadira Nadhitama.

Mungkin kalau nanti udah cetak ulang, bisalah beberapa typo dibetulkan hehe supaya lebih nyaman gitu, sayang lho kalau buku bagus kayak gini punya beberapa typo.

Hey! You! mengajarkan kita bahwa tidak ada salahnya berharap agar seseorang yang kita sayangi membalas perasaan kita, cukup terus memperjuangkan perasaan tersebut lalu cobalah berusaha juga berdoa dan lihat apa yang Tuhan rencanakan~

Sang Penulis, kak Saki sekarang sedang proses ngurus naskah Damn It's You! yang jadi buku kedua dari Trilogi 'You!' hehe FYI, waktu di wattpad dulu dicantumkan bahwa Hey! You! ini buku pertama dari trilogi 'You!'. Buku ketiganya sendiri itu Dear You! yang tak lain dan tak bukan adalah kisah abang Noel sama Aran. Ya mari kita berdoa untuk kesuksesan kak Saki dan cerita-ceritanya. Saya punya harapan tinggi untuk Damn It's You! untuk mengikuti jejak Hey! You! nantinya :) semangat terus dan terimakasih kak Saki ^^

Dengan mengesampingkan beberapa typo dan covernya yang agak agak gimana gitu, cerita novel ini pantas dapetin lima bintang ^^


Terimakasih kak Saki ^^ :)

RATING : 5 of 5 

=Fikriah Azhari, 16 Mei 2015=

5 komentar:

  1. ini kak saki yang Tsaki itu bukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan Fin hehe :D Ini kak Saki yang ceritanya terkenal di wattpad ^^

      Hapus
  2. Haiiii yang suka teenlit, flash fiction, song fiction, atau mau request
    kunjungi blog aku, yaa

    afisater.blogspot.com

    Terima kasih

    BalasHapus
  3. aku baru liat review kamu tentang HY #telat
    btw itu 5 dari 5? kereeeenn

    BalasHapus
  4. Yahh aku belum baca, pas baca ceritanya di wattpad udah keburu di hapus :( sekarang kovernya udah ganti loh, keren banget pokoknya. Sayang belum bisa beli.

    BalasHapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS