[Interview] Ngobrol cantik bareng Pelangi Tri Saki

Senin, 11 Mei 2015




Pelangi Tri Saki a.k.a Sa_Saki, memang masih asing di telinga banyak orang. Namun, untuk pembaca wattpad, nama tersebut mungkin sudah tidak asing lagi. Banyak cerita yang telah ia tulis di wattpad, beberapa di antaranya adalah Driving Me Crazy, Disguise, Hey! You!, Damn! It's You?!!, dan yang paling baru ini adalah Falling Slowly. Dan semua ceritanya selalu mendapatkan respon yang baik dari para pembaca wattpad.

Setelah mengetahui bahwa salah satu karyanya, yaitu Hey! You! akan dibukukan, saya langsung menghubungi kak Saki melalui wattpad untuk membuat janji melakukan bincang-bincang kecil dengannya. Dan Alhamdulillah, dia menyetujui permintaan saya tersebut.

Q : Fikriah
A : Saki

.:Pengenalan:.

Q : Halo kak Saki! Maaf telah mengganggu waktunya dan terimakasih akan kesempatan yang telah diberikan buat nanya-nanya >,< kenalan dulu dong secara singkat aja, seperti nama dan kita domisili ^^
A : Hai, hai.... assalamualaikum, Pelangi Tri Sak di sini haha. Btw aku orang bogor lohhh, yang di Bogor atau mau ke Bogor ayo main :)) Hhhmm sepertinya ada beberapa yang udah kenal, nama asliku Pelangi Tri Saki, umur saat ini udah 23... Tua ya? Haha. 

 Q : Waalaikum salam ^^ wah Pelangi Tri Saki. Pelangi, berwarna. Tri, berarti tiga emmm kak Saki anak ketiga ya?. Saki, sedikit ke Jepang-Jepangan, pernah baca kalau artinya bunga yang mekar? Eh benar nggak kak :v ? Ahaha yuk yang mau main ke Bogor atau yang di Bogor dan mau ketemu kak Saki, langsung hubungi aja...
A : Hhhmm sebenarnya sih dinamain Pelangi awalnya karena menurut cerita dari Ayah, aku lahirnya pas ada pelangi gitu deh, tapi nggak tau bener apa enggak, namanya juga baru lahir haha dan Tri itu benar banget, aku anak ketiga makanya dikasih nama tengah itu... Saki sendiri ada dua arti sih, kalo dalam Bahasa Jepang bisa berarti blossom of hope, artinya pasti taulah ya... Hehe, nah satu lagi arti Saki dari bahasa Sansekerta yang berarti "kawan" itulah kenapa aku lebih cenderung dipanggil Saki karena berharap aku bisa jadi kawan buat siapa aja.. Gitulah kira-kira :D

Q : Wah artinya cukup panjang ya kak :D dan aku menyimpulkan bahwa Pelangi Tri Saki artinya seorang anak ketiga yang lahir saat munculnya pelangi dan nantinya anak itu akan punya banyak kawan juga berbagai harapan yang mekar #MaafkeunSpekulasiAnehIni
A : Haha bisa jadi, bisa jadi :)) 

..:Tentang kak Saki, Wattpad, dan cerita-ceritanya~:..

Q : Kak Saki 23 tahun ya? Wah nggak tua kok Kak, masih muda gitu udah nulis banyak cerita, hebat deh :D. Kak Saki kan udah nulis berbagai cerita di wattpad, cerita dong kak awal kenal wattpad, terus cerita apa sih yang kak Saki buat pertama di wattpad?
A : Masa sih? Kok aku berasa tua yah? Haha. Hhmm awalnya kenal wattpad itu sebenarnya temen yang ngasih tau. Dia sama aku itu suka banget sama cerita-cerita berbau Jepang, entah itu dramanya atau komiknya ya. Nah pas disodorin hp-nya itu cerita yang pertama kali dia rekomendasiin ya yang berbau manga gitu. Dari situlah aku kenal wattpad. Bikin akun dan akhirnya coba-coba baut cerita. Cerita pertama aku itu Kesempatan Kedua, sama Disgue kalo gak salah. Waktu itu aku memang langsung nulis dua cerita dan Alhamdulillah bisa terselesaikan haha.

Q : Wah Disgue yang ZiArdi, kan kak? Aku juga udah baca itu :D yang Driving Me Crazy juga aku udah baca dan emang keren banget kak. Btw, kak Saki, kan di wattpad sempat heboh karena ada beberapa cerita yang 'diplagiat'. Waktu itu cerita kak Saki juga ada yang diplagiat, kan? Rasanya pas tahu gitu gimana?
A : Iyap, ZiArdi, haha Alhamdulillah kalau suka :) . Rasanya? Awalnya sih aku santai aja ya.. Selama pas ditegur langsung dihapus sih it's okay... Tapi kalo udah ditegur tapi gak ada itikad baik lama2 kesel juga. Tapi ya untung ada temen2 yg mau belain juga.. Jadi dibawa santai aja, toh mereka lebih tau itu karyaku. Aku kurang suka kalo pake sewot2an. Kesel sih iya, marah juga pasti.. Tapi dibawa tenang aja, insyaAllah malah lebih baik nanggepinnya. Dan.. Ya Alhamdulillah sekarang sih gak nemu lagi yg kaya gitu haha *apa karena udah pada aku apusin ya?* dan jangan sampe ada lagilah, semoga. :)

Q : Ini satu pertanyaan dari temanku yang juga suka baca cerita kak Saki, emm kak Saki dapat ide cerita darimana sih? Dan kok biasanya tak terduga seperti itu?
A : Hhmmm.. Kalo soal inspirasi dapet darimana, semua ceritaku bisa berasal dari mana aja... Dari orang jalan di trotoar, liat info gosip di tv, atau sekedar baca-baca cerita orang yang kemudian nyiptain imajinasiku sendiri. Jadi ya... Bikin cerita itu bisa dari mana aja, kalo aku kebanyakan daru lagu galau sih haha

Q : Kalau karakternya sendiri gimana Kak? Apa ada orang di dunia nyata yang menjadi inspirasi pembentukan sebuah karakter di novel ini? Misalnya teman atau keluarga gitu?
A :  Hhhmm secara spesifik sih engga, itu semua dari apa yang aku bayangin aja. hehe

Q : Em gitu ya kak, kirain ada yang kayak Saba atau Noel atau Zilo gitu di sekitar kak Saki :))
A : Haha antara ada dan tiada sih

Q : Wah aku juga mau dong kalau ada :))
A : Aku umpetinlah kalo ada beneran :D 

..:Opini:..


Q : Kalau kak Saki sendiri suka baca novel karya siapa sih? Suka genre buku yang kayak gimana?
A : Aku paling suka karya-karya Tere Liye... Beliau juga yang sekarang jadi penulis favoritku

Q : Kak Saki sendiri lebih suka cerita yang Happy Ending atau Sad Ending?
A : Aku? Aku lebih suka happy ending dong hehe 

Q : Kalau pendapat kak Saki sendiri tentang Happily Ever After dalam sebuah cerita gimana?
A : Bebas-bebas aja sih, setiap penulis kan punya kriterianya sendiri untuk mengakhiri sebuah cerita hehe

Q : Aku pernah baca sebuah pertanyaan dari novel Wishing Her To Die, 'Kali disuruh memilih kehidupan seperti kembang api tetapi cepat atau kehidupan membosankan tetapi lama, maka yang mana yang akan kau pilih?' kalau kak Saki sendiri pilih yang mana?
A : Yang lama? Aku rasa kehidupan yang lambat itu bisa bikin kita punya banyak waktu untuk berpikir. Tentang apapun itu, entah soal hidup, soal Tuhan, soal alasan kita ada di tengah masyarakat, soal memperbaiki kehidupan dari yang buruk menjadi yang baik mungkin, soal ikhlas, soal banyak hal. Dan saat kita menjalani itu semualah kita bisa merasakan hidup yang sesungguhnya, merasakan hidup atas nama perjuangan. Memaknai hidup dengan banyak sudut pandang. Lain halnya dengan proses kembang api yang terbilang indah namun singkat, kita nggak akan pernah memaknai keindahan yang sesungguhnya tanpa melalui proses menyakitkan. Makin banyak proses menyakitkan, makin kita bisa bertahan, makin pula kita bersyukur atas yang kita lalui. 
Hidup itu optimis, kalau bisa milih hidup lebih lama kenapa harus lpilih yang lebih cepat? Dengan begitu bukannya kita bisa ngasih kebahagiaan lebih banyak ke banyak orang juga? Bukan hanya ngasih kebahagiaan doang bahkan, tapi arti dari kebahagiaan itu sendiri. Biar kebahagiaan lebih bermakna, bukan hanya selewat lalu. Gitu aja :))

..:Tentang Hey! You!:..


Q : Menurut kak Saki sendiri, gimana caranya biar pede ngirim naskah ke Penerbit?
A : Hhmm pede ya? Kalo aku lebih ke nekat sih daripada disebut pede. Yang penting kirim dulu, soal diterima atau enggak belakangan haha

Q : Terus pernah kebayang nggak sih kalau naskahnya bakal diterima?
A : Kebayang? mungkin lebih tepat disebut berharap kali ya kalo aku. Berharap kalo bisa terbit itu pasti, tapi ya... Balik lagi aku pasrahin semuanya sama Allah SWT

Q : Nah pastinya para pembaca yang udah ngikutin kisah Zilo Nadi di wattpad udah penasaran kan, berapa lama sih waktu yang kak Saki butuhkan untuk meyakinkan diri ngirim naskah Hey! You! ke penerbit?
A : Balik lagi ke nekat sih aku, jadi yaaa.. Gak membutuhkan waktu lama. Paling yang lama itu ngedit ngerapihin naskah biar layak dibaca penerbit. Itu aja sih.

 Q: Kak Saki, trilogi 'You' ini banyak diminati oleh pembaca wattpad. Apakah ada niat untuk nantinya buku kedua dan ketiga trilogi ini juga akan diterbitkan?
A : Masa sih? Kayanya biasa aja sih haha. Hhmm.. Rencananya sih gitu, tapi kan manusia cuma bisa berencana, biar Allah nanti yang nentuin bisa atau nggak ketiganya rilis hehe. Kalau jodoh InsyaAllah nggak kemana ;)) Alhamdulillah kalo masih diminati mah

Q : Cerita ini kan sudah pernah diposting di wattpad, jadi apakah ada perbedaan versi wattpad dengan versi novel cetak? *para pembaca penasaran*
A : Kalo perbedaan keseluruhan sih engga, karena udah pasti intinya sama. Tapi untuk hal-hal kecilnya udah pasti ada perubahan, karena harus menyesuaikan selera penerbit :)

Q : Btw, Kak, masih banyak yang belum kenal sama karakter dalam Hey! You!, bisa dijelaskan sedikit nggak soal karakter?
A :  Karakter ya? Pertama kita kenalin tokohnya dulu deh ya. Di HY itu ada banyak sebenernya, tapi untuk tokoh utama sendiri ada Zillo, Nadi, Noel, Nigi, Aran, Revo. Untuk Zillo sendiri karakternya kaya cowok kebanyakan, biasa aja, cuma kalo soal menyangkut Nadi dia jadi super jutek dan sensitif. Nadi sendiri ceria, dan gak beda jauh sama cewek kebanyakan. Nah untuk Noel, yang banyak banget penggemarnya nih, kalo boleh dideskripsikan dengan 1 kata, El itu seseorang yang "peduli". Mungkin mereka bertiga aja ya, soalnya mereka yang sering nongol di HY, haha.

Q : Ahaha aku udah kenal mereka semua kok Kak ;D dan emang Noel yang errr minta dipacarin banget :))
A : Haha iya tuh, aku juga nggak nyangka El yang lebih tenar dari Zillo :)) 

Q : Nah kan El tenar tuh kak, aku dan para pembaca lain udah kangen banget sama El. Jadi, kak Saki niat lanjutin ceritanya El nggak yang Dear You? :D *IniSemacamKodeMewakiliYangLain*


A : Aduh, yang itu aku nggak bisa jawab dulu. Karena belum ada bayangan pasti mau kaya apa ceritanya, masih galau, Haha.

Q : Hahaha kalau gitu salam sama yayang El ya kak :)) *kemudian digebuk Aran*. Oke, kembali ke topik, perasaan pas tahu kalau Hey! You! dibukuin itu gimana?
A : Haha okayyyy. Seneng pasti, seneng buanget! Rasanya tuh kayak cinta diam-diam 9 tahun, terus tiba-tiba langsung dilamar sama orang yang sama. Wkwk *analogi yang aneh*

Q :  Beh 9 tahun.... pasti rasanya seneng banget ya >,< aku juga sebagai pembaca ngerasa seneng banget~ eh btw kok 9 tahun? Kenapa 9 tahun?
A : Kenapa 9 tahun? Karena aku nulis dari sembilan tahun lalu, dan bisa terbitnya pas di tahun kesembilan ini.

Q : Beh 9 tahun lalu ya?... 9 tahun lalu berarti dari tahun 2006 ya? wah waktu itu aku baru umur 5 tahun~ Btw, kak Saki kan udah banyak nih buat cerita di wattpad, terus karakter cowoknya manis-manis semua, tingkahnya ngebuat pengen macarin satu-satu. Nah kakak sendiri pernah nggak sih jatuh cinta atau sekedar suka sama karakter yang kakak buat sehingga ingin karakter tersebut menjadi nyata? atau bahkan pengen cowok yang kayak karakter tersebut?
A : Hahaha justru semua karakter cowok yang aku tulis tuh kayak yang pengen banget aku temuin. Tapi sayangnya belum ketemu sampe sekarang, hiks :'( Kalau yang pengen ada sih mungkin yang model Jeje kali ya? *papanya Nadi*

Q : Apa harapan kak Saki untuk novel Hey! You! ini?
A : Harapannya, semoga diterima masyarakat... semoga bisa menghibur, dan semoga terjual banyak :))
Q : Pertanyaan terakhir nih kak, kalau diibaratkan sebagai kue, maka Hey! You! itu kue apa sih? 
 
A : Kalau diibaratkan, kaya Rainbow Cake kali ya.. Rasanya tuh warna-warni, dan setiap rasa yang ada di rainbow cake itu setiap individu bisa mengartikannya beda, hehe

Terima kasih untuk kak Saki yang sudah menyempatkan diri untuk menjawab beberapa pertanyaan dari saya ^^ yuk yang kangen bang Illo sama Nadi atau yang mau kenalan sama mereka, segera ke toko buku buat beli Hey! You! ^^



Judul : Hey! You!
Terbit : Mei 2015
Penulis : Pelangi Tri Saki
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama - Teenlit
Harga : Rp.50.000
Tebal : 
ISBN : 9786020316277
“KAK ILLO SAYANGGG, BANGUN!!!” 
Teriakan dari balkon seberang rumah itu sudah setia menemani hari Zillo sejak
bertahun-tahun lalu. Pelakunya? Siapa lagi kalau bukan si bocah upil, Nadira,
cewek yang sudah naksir Zillo sejak mereka masih kecil. 
Dan sekarang si bocah upil itu masuk ke SMA yang sama dengan Zillo! Cewek itu mengintilinya ke mana-mana di hari pertama ospek, nekat nyanyiin lagu romantis yang nggak banget di depan semua anak, merusak reputasi Zillo sebagai ketua OSIS tampan dan terkenal. 
Tahun terakhir Zillo di SMA berubah jadi neraka!
Tapi, apa benar terasa kayak neraka? Kalau semua itu begitu menyebalkan,
kenapa Zillo jengkel waktu Nadi ditaksir ketua ekskul karate? Kenapa Zillo kesal
waktu sahabatnya sendiri berubah jadi overprotective ke Nadi? 
Masa iya dia jatuh cinta sama si bocah upil?!
Terus, gimana kalau ternyata Zillo terlambat jatuh cinta?

Pelangi Tri Saki dapat dihubungi melalui :
Twitter :  @Pelangitrisaki 
Facebook :  Pelangi Tri Saki

=Fikriah Azhari, 11 Mei 2015= 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS