Menantang Diri di 2020

Kamis, 02 Januari 2020


Mengawali tahun 2020, banyak bermunculan berbagai tantangan membaca. Baik itu reading challenge dari Goodreads, maupun yang diadakan oleh teman-teman bookstagram. Aku sudah melihat beberapa, dan menentukan yang mana saja yang aku targetkan akan ikuti. Apalagi nanti libur semester genap cukup lama, lumayan untuk babat timbunan .



1. Goodreads Reading Challenge

2020 Reading Challenge

2020 Reading Challenge
Fikriah has read 0 books toward her goal of 22 books.
hide

Reading challenge yang pertama jelas dari Goodreads. Aku mulai pasang reading challenge di Goodreads itu tahun 2015, lalu berturut-turut mengalami kesuksesan target selama tiga tahun yaitu 2015, 2016, dan 2017. Goodreads memang platform yang tepat dalam mencatat bacaan dan mendata buku yang kita punya, kita baca, bahkan yang kita inginkan. Apalagi aku orangnya bisa dikatakan punya memori yang tidak cukup bagus namun suka terhadap sesuatu yang terorganisir, Goodreads memudahkanku dalam mendata buku-buku yang kubaca sepanjang tahun.

Pada tahun 2018, aku sempat pasang target tapi berhenti di tengah jalan, tahun 2019 malah nggak sempat ikutan reading challenge. Makanya tahun ini aku comeback dengan hanya pasang target 22 buku saja. Semoga istiqomah dalam membaca, mereview, dan tidak berhenti di tengah jalan.

2. Tantangan Baca Goodreads Indonesia


Masih dari Goodreads, namun kali ini diadakan oleh komunitas Goodreads Indonesia melalui akun Instagram mereka. Telah ditentukan tema untuk bacaan setiap bulannya, satu tema untuk satu bulan. Aku suka karena hal ini membuat kita punya waktu satu bulan full untuk menghabiskan satu buku. Semoga aku bisa mengikuti rangkaian reading challenge ini sepanjang 2020. Tapi aku masih bingung sih mau baca apa di bulan September hhmmm, apakah kalian punya ide?

3. #GocengChallenge2020 







#gocengchallenge #jilid2 genks! Mengingat antusiasme dan bergunanya #GocengChallenge di 2019, aku dan @utamyyningsih lanjutin #challenge seru ini donk! Moga makin banyak yg ikutan dan konsisten genks! . . Buat yang belum tau, #gocengchallenge merupakan acara seru-seruan dimana kita nyimpen uang maksimal goceng alias Rp 5.000 setelah menyelesaikan satu buku. Klo lagi bokek ya Rp 100 perak juga gpp. Nah, uang tersebut baru boleh dipake paling cepet awal Desember 2020 buat beli buku atau apapun yang kamu mau, bukan yang kamu butuhkan, hahahaha. . . . Sekali lagi ini cuma seru-seruan aja. Mau pura-pura cepet baca buku biar banyak duit yang kekumpul yaa monggo, kejujuran milik pribadi yes! Ga perlu laporan, ga perlu apa, ntar di akhir tahun kita itung, dapet berapa nih? Aku pribadi dapet ampe 400 rb an lho, Hehehe . . . Buat yang mau ikutan, feel free repost banner ini dan kasih #gocengchallenge di postingan tiap buku yang selesai dibaca. Gpp lah jajan puasa buku 11 bulan, lalu foya-foya di akhir tahun. 😇😇 . . Yuk aja #booklover lain buat ikutan! Dijamin, ga rugiiii. #GocengChallenge ini terhitung mulai 01 Januari 2020 ya 😊.
Sebuah kiriman dibagikan oleh Vy (@literavy) pada

Konsepnya mirip sama Receh Untuk Buku yang aku ikuti pada tahun 2015 di mana kita menyisihkan sejumlah uang setiap setelah membaca satu buku. Belum lagi waktu itu aku betul-betul sukses nabungnya, aku ingat sampai beli celengan barbie warna pink waktu itu, kalian bisa lihat hasilnya di  postingan Wrap Up Receh Untuk Buku 2015 yang sempat kuposting saat itu. Nah, kalau #GocengChallenge ini, seperti namanya, maksimal menyisihkan Rp5.000 setiap satu buku yang dibaca. Challenge ini diadakan oleh Kak Vy (@literavy) dan Kak @utamyyningsih di akun Instagram mereka.

Aku rasanya memang butuh challenge seperti ini, yang bisa sekalian mengontrol diriku untuk menabung wahaha. Sekalian jadi motivasi juga gitu, bayangkan di awal tahun 2021 nanti (kalau panjang umur), sudah ada budget tersendiri untuk melampiaskan keinginan membeli buku... Tentunya sangat menyenangkan! Maka tanpa pikir panjang, I'm in!! 

4. #ThiccBookChallenge 







SELAMAT TAHUN BARU 2020 🎉🎉🎉🎉🎉🎉🎉🎉⁣ ⁣ Siapa yang kemarin udah nungguin pengumuman #thiccbookchallenge ? Yup, postingan ini adalah penanda resmi dimulainya tantangan membaca buku tebal yang melebihi 500 halaman, dalam rangka membabat TBR kita yang bantal-bantal itu. ⁣ ⁣ Persyaratannya: ⁣ ⁣ 1. Akun harus publik, tidak boleh dikunci. ⁣ ⁣ 2. Buku merupakan tumpukan bacaan fisik yang memiliki 500 halaman atau lebih, buku yang saking tebalnya bisa menimpuk haters, dan membuat kita terintimidasi karena ketebalannya (tidak termasuk kamus dan kitab suci, ya)⁣ ⁣ 3. Boleh menuliskan review buku, boleh juga tidak. Apabila menulis review, gunakan tagar #thiccbookchallenge dan tandai saya, akan saya masukan di stori dan highlight. Seandainya mau sambat soal progress membaca buku juga boleh, tandai saja saya di stori/post.⁣ ⁣ 4. Selama membaca, boleh diselingi dengan buku lain, selama buku tersebut selesai. Boleh juga DNF, selama total tumpukan buku yang dibaca berkurang paling tidak 3/4-nya. ⁣ ⁣ 5. Apabila buku tersebut punya versi elektrik, diperbolehkan mengganti versi bacaan dengan membaca versi elektriknya, namun harus tetap ada versi fisiknya, karena inti tantangan membaca ini adalah mengurangi TBR fisik. ⁣ ⁣ Cara mengikuti tantangan: ⁣ ⁣ 1. Komen di post ini: 'Saya mau baca buku yang bisa nimpuk haters 💅' dan tandai tiga orang teman (iya, harus pakai emoji). ⁣ ⁣ 2. Post foto tbr bantalmu dan tandai saya. ⁣ ⁣ 3. Bacalah.⁣ ⁣ 4. Tantangan ini berlangsung sepanjang tahun. Di akhir tahun ini, post rekap berapa buku bantal yang terbaca dan kesanmu selama mengikuti tantangan baca ini. ⁣ ⁣ Hadiah: ⁣ ⁣ 1. Kepuasan karena sudah menghabiskan buku-buku bantalmu. ⁣ ⁣ 2. IDK maybe you can use it to thwack your enemies. ⁣ ⁣ Jika ada pertanyaan silahkan disampaikan di kolom komentar. ⁣ ⁣ Let's have fun, people! 🎉🎉🎉🎉
Sebuah kiriman dibagikan oleh Farah Fakhirah (@whatfarahreads_) pada

Secara tidak sengaja, aku memutuskan untuk ikut challenge yang satu ini setelah bannernya seliwerean di Instastories, dishare oleh beberapa teman di Instagram. Tantangan membaca kali ini diadakan oleh Kak Farah (@whatfarahreads_) di mana menantang kita untuk membaca timbunan buku-buku yang kita miliki dengan tebal halaman >500 halaman per buku. Aku punya beberapa buku dengan tebal halaman seperti yang ditentukan, namun untuk saat ini aku baru berencana untuk membaca:

1) The Nightingale karya Kristin Hannah (528 halaman)
2) Magnus Chase and The Gods of Asgard - The Sword of Summer (623 halaman)
3)  Magnus Chase and The Gods of Asgard - The Hammer of Thor (560 halaman)

Aku nggak mau masang banyak-banyak buku dulu, takutnya cuma panas-panas di awal aja wahaha xD Nanti aja ditambahin lagi kalau emang sanggup menghabiskan ketiga buku ini.

5. #RCHarryPotter2020





Pagi... semoga kabar teman semua baik selalu.. 🙌 Nah, kali ini kami dtg untuk mengundang temans sekalian ke acara Readathon Harry Potter 2020 🙌 Boleh di simak dg teliti ya setiap ketentuannya dan, selamat datang di camp. #RCHarryPotter2020 ❤️💙💛💚 . . Ketentuan Partisipasi: 1. Follow @dblueholic @y0nea @annienamiez 2. Like postingan ini. 3. Share postingan ini di IG story selama 24 jam, mention ketiga akun di poin 1. 4. Tinggal komentar di postingan ini kalau sudah melakukan 3 ketentuan di atas (untuk pendataan peserta). 5. Akun IG tidak digembok. 6. Berdomisili di Indonesia. . . Ketentuan Readathon: 1. Membaca 7 buku utama dalam serial Harry Potter (tidak termasuk buku pendamping, seperti Fantastic Beasts atau Cursed Child). 2. Boleh sebagai bacaan baru atau baca ulang. 3. Boleh versi Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. 3. Membuat postingan berisi ulasan buku Harry Potter yang telah dibaca (1 buku 1 ulasan) dengan tagar umum #RCHarryPotter2020 dan tagar pribadi #RCHarryPotter2020_nama akun peserta 4. Periode readathon 1 s.d. 31 Januari 2020, maksimal posting ulasan 31 Januari pukul 23.59 WIB . . Hadiah: 1. Shout out setiap minggu untuk akun-akun terpilih. 2. Pemenang 1 mendapatkan funko senilai 250rb. 3. Pemenang 2 mendapatkan 1 booksleeve dan 1 buku pilihan sendiri seharga maksimal 100rb. 4. Pemenang 3 mendapatkan 1 booksleeve dan 1 buku pilihan sendiri seharga maksimal 50rb. 5. Ongkir hadiah ditanggung pihak penyelenggara maksimal 15rb . . Lain-lain: 1. Readathon ini tidak berafiliasi dengan Instagram. 2. Keputusan penyelenggara tidak dapat diganggu gugat. 3. Jika ada pertanyaan silakan sampaikan di kolom komentar. . . P.s: boleh post progress baca tp Tagar umum YES! Tagar pribadi NO! 🙌 Intinya, tagar pribadi hanya berisi 7 post review masing² peserta . . #readingchallenge #bacabareng #harrypotter #giveaway #bookish_indonesia #bookstagramindonesia #bookstagram #potterhead #bookstagramjustforfun
Sebuah kiriman dibagikan oleh A for Annie 🌠 Hufflepuff 💛🇮🇩 (@annienamiez) pada

Aku menemukan reading challenge ini karena follow Kak Annie, niatnya cuma mau turut meramaikan karena aku tidak percaya diri bahwa aku bisa membaca tujuh buku Harry Potter dalam waktu satu bulan, terlebih untuk buku fisiknya aku cuma punya yang Philosopher's Stone aja dan a aku udah lupa kapan terakhir kali aku baca ebook dalam waktu lama. Jadi ya, mari kita lihat sejauh mana aku bisa mengikuti reading challenge ini. Aku sudah pernah baca Philosopher's Stone sih, tapi belum sempat meninggalkan jejak dengan menulis reviewnya, makanya sepertinya saatnya untuk reread, sekaligus menjadikan buku ini sebagai buku pertama yang kubaca di tahun 2020.

6. #MembacaIndonesia20




Hai semuanya! Selamat tahun baru!! Kami senang sekali dengan antusiasme teman-teman untuk ikut serta #membacaindonesia, dan kami persembahkan tantangan Membaca Indonesia 2.0 di tahun 2020 ini, #membacaindonesia20 🤗✨ . Untuk yang baru bergabung, yuk turut memajukan karya bangsa dengan menikmati hasil karya putra-putri Indonesia! . #membacaindonesia20 adalah tantangan membaca 6-12 buku selama tahun 2020 sesuai kriteria tantangan di atas. Berbeda dengan tahun lalu, tahun ini yang terhitung hanya buku yang ditulis oleh orang Indonesia (bukan terjemahan) ya teman-teman. . Hashtag yang akan kita pakai adalah #membacaindonesia20 dan juga #membacaindonesia tentunya. . Karena kesibukan kami berdua, untuk tahun ini kami hanya akan me-repost 2 postingan favorit kami setiap minggunya yaa 🙏 . Giveaway? Tentu saja akan ada, karena itu jangan lupa untuk follow kami agar tidak ketinggalan infonya 😛 . Kalau ada pertanyaan, boleh disampaikan di kolom komentar yaa teman-teman. Selamat #membacaindonesia!!
Sebuah kiriman dibagikan oleh Behind a Stack of Books (@books.bmmd) pada

Untuk yang satu ini, aku akui cukup sulit, apalagi dengan tema yang ditentukan, kita juga dibatasi hanya boleh mengikut sertakan buku karya penulis Indonesia untuk challenge ini. Aku nggak berharap banyak, bisa baca 3 buku dari tema yang ditentukan saja sudah bahagia.

***
Nah untuk sekarang, segitu dulu. Nanti kalau nambah lagi, aku akan update artikel ini. Kalau kalian sendiri, tahun ini ikut berapa challenge? Ayo kita berjuang bersama-sama yaa, semoga bisa selesai hinggal 31 Desember 2020, bukan hanya semangat di awal, namun juga semangat hingga akhir. 

1 komentar:

  1. Tantangannya banyak juga ya tapi kebanyakan adanya di instagram. Saya mah cukup ikut tantangan membaca goodreads aja, hehe

    BalasHapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS