[Review] Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang by Gina Gabrielle

Selasa, 07 Juni 2016


Judul: Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang
Penulis : Gina Gabrielle
Penerbit : Nulis Buku
Tebal : 228 Halaman
Harga : Rp59.000 via GadisPenenunMimpi
Sinopsis:
Sebuah dongeng bagi kamu, yang sudah cukup dewasa untuk kembali bermimpi. 
*** 
"Konon katanya, pada suatu tidur, kau bisa sampai ke suatu tempat yang disebut Ujung Pelangi. Di sana ada seorang gadis dengan wajah tertutup cadar yang akan menenunkan Mimpi untukmu...” 
Seorang pria dengan Hati luka melihat kertas terbang dalam Mimpinya. Ia mengikuti arah kertas tersebut terbang, dan sampai ke Lembah Es. Ia menyangka Hatinya akan sembuh, namun ternyata Lembah Es hanyalah tempat untuk mendinginkan Hati. 
Di lain tempat, tanpa ia ketahui, langit memar. Dunia terancam hancur, dan pria itulah yang dipilih untuk menyelamatkannya.  
Tapi, karena tidak sanggup lagi menanggung sakit, ia memutuskan untuk selama-lamanya membekukan Hati di Lembah Es. 
Lalu langit pun retak, dan hendak runtuh.

***

Diiringi dengan sajak-sajak yang menghangatkan Hati, kisah ini akan membawamu dalam perjalanan untuk menjadi sembuh—dan mengubah dunia, entah bagaimana caranya.

***
Pemesanan: gadispenenunmimpi.com


"Teman, biar kuberitahukan satu hal padamu; Hati hanya punya satu keinginan, yaitu bebas merasa." - halaman 6.

Pemuda itu tahu beberapa hal, yaitu Hatinya terluka, butuh perlindungan, dan ingin bebas merasa. Lalu ia memutuskan suatu pilihan, membekukan Hatinya agar tak dapat merasakan sakit lagi. Kau tahu, teman? Pilihan itu tidaklah tepat, sebab jika Hatinya sudah dibekukan, maka tidak mungkin bisa dicairkan lagi. Dan tak ada seorang pun yang bisa tetap hidup tanpa Hati. Suatu pilihan yang akhirnya disesali oleh dirinya sendiri.

Di sisi lain, di Ujung Pelangi, sang Gadis Penenun Mimpi terus menjalankan tugasnya, menenun mimpi untuk mereka yang kehilangan arah. Terus seperti itu, orang-orang datang, kemudian ia menenunkan mimpi. Teman, akan kuberitahu salah satu bahan untuk menenun mimpi, yaitu Hati. Hati sang Gadis Penenun Mimpi, yang ia remas dan taburkan ke helaian mimpi yang telah ia tenun. Dan setelahnya, ketika orang-orang bangun dari mimpinya masing-masing, maka mereka akan meninggalkan sang Gadis Penenun Mimpi, dan akan datang orang lain lagi, dan lagi, dan lagi. Terus, terus seperti itu yang terjadi di Ujung Pelagi.

Mari kita kembali ke Pemuda yang tadi. Ia ingin menyembuhkan hatinya. Lalu kemudian ia terbangun dari tidur dan menemukan seekor burung sedang berbicara padanya. Apa? Kau bingung, teman? Ah tidak, aku samasekali sedang tidak bercanda, yang barusan bicara padanya tadi betul-betul seekor burung yang mengenakan dasi kupu-kupu. Kau tahu apalagi yang membingungkan di sini, teman? Pemuda itu menyadari bahwa wujudnya telah berubah, menjadi kura-kura.

Burung tadi menjelaskan sedikit hal, bahwa ia adalah Kol.Ibri, utusan Raja Kasih yang akan mendampinginya dalam perjalanan sebagai Kura-Kura Pengelana. Apa? Kau bertanya siapa itu Raja Kasih? Jangankan kau, teman, Kura-Kura Pengelana pun tak mengetahui siapa sosok itu. Yang ia ketahui saat ini hanyalah ia akan melakukan sebuah perjalanan sebagai Kura-Kura Pengelana yang didampingi oleh Kol.Ibri, demi bisa menyembuhkan hatinya. Ya, apa pun akan ia lakukan demi bisa menyembuhkan Hatinya.

***

Indah. Betul-betul indah. Saya suka gaya bahasanya, juga sajak-sajaknya, ah tak lupa dengan lagu-lagunya. Setuju dengan saran yang diberikan si "Aku", cobalah baca buku ini di keheningan malam di saat santai. Fokuslah pada cerita yang mengalir, dan biarkan imajinasi kalian dengan liar menenun gambaran cerita ini di kepala kalian. Karena itulah yang terjadi pada saya, Hutan Kabut, Negeri Bawah Danau, Ujung Pelagi, adalah contoh yang berhasil ditenun oleh imajinasi ini. 

Rasakan. Rasakan petualangan yang sedang dilalui oleh Kura-Kura Pengelana. Bayangkan kalian ikut serta dalam petualangan ini. Betul-betul mengasyikan. Saya serius, cobalah sendiri. Ahem, dan bagaimana menurut kalian mengenai covernya? Kalau saya, suka. Simple memang, tapi sudah cukup memperkenalkan kalian pada para tokoh yang akan kalian jumpai saat membaca buku ini. 

Saya suka bagaimana para tokohnya saling berhubungan dan membuat saya menggumamkan "Ah ternyata...." Ngomong-ngomong soal tokoh, favorit saya adalah Kol.Ibri rasanya pengin cekek dia pakai dasi kupu-kupunya itu:)) Eh bercanda.

Saat membaca buku ini, saya sempat teringat pada Alice In Wonderland. Alice dan Kura-Kura Pengelana di buku ini sama-sama bertualang, kan? Saya juga jadi teringat pada Ratu Hati berambut merah itu xD

Segitu saja review saya untuk Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang. Bagi kalian yang suka fairy tale dan kisah petualangan, saya merekomendasikan buku ini untuk kalian :)

40 komentar:

  1. Sangat suka dengan genre ceritanya si Gadis Penenun Mimpi dan Pria yang Melipat Kertas Terbang :'). Menarik untuk bisa segera saya baca hehe. Entah kenapa :')... bagi saya jujur serasa belum pernah menemukan novel yang sejenis ini sebelumnya di sini... *maklum jarang gandrungi ke arah novel hehe .,.'*. Dengan jalan cerita yang bercampur aduk antara sentuhan romansa yang tersirat dalam bahasa puisi dengan keajaiban kisah perjalanan si tokoh Pemuda-Pria yang Melipat Kertas Terbang juga :'). Masih ada yang susah untuk saya deskripsikan dengan kata-kata :')... Intinya saya suka untuk pertama kalinya baca review genre novel yang seperti ini hehe.. Jujur hehehe *maklum kurang mengerti genre-genre novel dan kurang baca banyak genre novel yang sejenis sebelumnya, hehe .,.'*. Kisahnya saya rasa pasti akan selalu mencoba mengembangkan imajinasi (saya) pembacanya nanti bak "sedang mendengarkan alunan dongeng yang sudah disampaikan dengan gaya bahasa (yang harus diakui) cukup puitis bagi saya penggemar buat dan penyuka berat puisi :')". Sekian komentar untuk review novel "noticeable" nya Kak Gina yang satu ini :'). Sukses Kak Gina novelnya! :))).

    BalasHapus
  2. Semakin saya baca review buku ini, semakin saya yakin kalau buku ini memang pantas dibaca dan dimiliki. Ya, saya penggemar buku fantasi dan petualangan. Buku ini menyajikan keduanya, ditambah lagu-lagu Klasik kah? Kalau iya, lengkap sudah. Penulis berhasil mematahkan pandangan saya mengenai novel fantasi asal tanah air (yang sebelumnya menurut saya tidak bisa mengalahkan karya luar negeri). Saya benar-benar tertarik dengan buku ini. Hebat! Semoga akan ada lebih banyak buku yang indah~~~ Terima kasih

    @myskebj

    BalasHapus
  3. Dari awal baca review buku ini di beberapa blog memang langsung dibuat kagum dengan gaya bahasanya yg puitis, benar-benar menghipnotis seperti dongeng. Penasaran dengan cerita ala dongeng karya mba Gina ini.

    BalasHapus
  4. Belum pernah baca dongeng seperti ini. Maklum biasanya aku baca buku-buku dongeng klasik seperti mermaid, pinochio atau Hansel and Gretel. Pengen coba baca buku ini juga setelah baca reviewnya Kiki ^,^

    BalasHapus
  5. Ini dongeng versi Indonesia ya? Bagus banget gaya bahasanya. Baru baca reviewnya doang udah kebawa hanyut. Jadi penasaran gadis penenun mimpi ini siapa dan nilai moralnya apa?

    BalasHapus
  6. Hati yang sudah dibekukan tidak bisa dicairkan lagi, kayak di Frozen ya? Hati yang dibekukan hanya bisa dicairkan dengan cinta sejati. Hehehe :D

    BalasHapus
  7. Jatuh hati dengan kalimat pertama yang ada di sinopsis, “Sebuah dongeng bagi kamu, yang sudah cukup dewasa untuk kembali bermimpi.” Kayaknya benar-benar butuh buku ini untuk dongeng sebelum tidur! Menarik, indah, dan menjanjikan.

    BalasHapus
  8. "cobalah baca buku ini di keheningan malam di saat santai. Fokuslah pada cerita yang mengalir, dan biarkan imajinasi kalian dengan liar menenun gambaran cerita ini di kepala kalian." Setuju banget .. enaknya buku ini dibaca di keheningan malam, apalagi buat saya yang memang susah banget tidur. suka sama gaya bahasanya

    BalasHapus
  9. Pengen baca >.<
    Sudah lamaaaa banget ga baca dongeng...

    BalasHapus
  10. Gadis penenun mimpi benar-benar baik hati. Itulah kalimat yang pertama kali terlintas dalam benak saya ketika membaca review ini. Ia merelakan hatinya, ia remas demi menjadi helaian tenunan mimpi bagi orang-orang yang datang dan pergi sesuka hati. Saya berpikir tidakkan hal itu menyakiti si gadis?

    Pemuda yang melakukan perjalanan untuk menyembuhkan hati namun harus berubah menjadi seekor kura-kura terlebih dulu. Kura-kura itu jalannya lambat. Perjalanan si pemuda akan menjadi perjalanan yang sangat panjang.

    Novel ini akan memberikan banyak pelajaran berharga :))

    BalasHapus
  11. Biar kuberitahu kamu bahwa aku pecinta dongeng, juga aku ini adalah makhluk yang berasal dari negeri dongeng. Peri-peri adalah kawanku. Gadis penenun mimpi adalah sahabatku. Biarkan aku dan dia bertemu lagi dalam cerita ini. Sebab aku sudah jatuh pada cinta dengan novel ini semenjak melihat kover manisnya❤

    BalasHapus
  12. Aku tertarik. Kalau dulu, aku sering membaca dongeng untuk melebarkan imajinasiku. Tapi sekarang lebih banyak baca fiksi lokal buat belajar gaya menulisnya. Dan yah, sepertinya dengan membaca novel Gadis Penenun Mimpi ini aku akan mendapatkan keduanya sekaligus! Keren.

    BalasHapus
  13. Baca review ini bener-bener buat ngebet untuk baca bukunya langsung!❤

    BalasHapus
  14. i wanna this book so damn much 😭 keren asli! beda jauh sama kancil mencuri mentimun *iyalah 😂 pgn ketemu jg sama gadis penenun mimpi, pgn ditenunin mimpi :")

    BalasHapus
  15. bahkan sampai bahasa reviewnya pun jadi terkesan indah dan puitis, sepertinya buku ini memang menarik dan aku harus coba membacanya di tengah keheningan malam agar imajinasiku menari liar :D

    BalasHapus
  16. Terima kasih untuk rekomendasinya. Buku yang perlu imajinasi untuk membacanya sangat mengasyikan pastinya untuk dibaca. Tokoh dari fairytale, aku belum pernah baca novel semacam ini, sangat unik, pasti pemikiran dari penulisnya sangatlah penuh imajinasi.

    BalasHapus
  17. Suka banget sama judul dan covernya, cantik! Taglinenya juga bikin penasaran

    Sebuah dongeng bagi kamu, yang sudah cukup dewasa untuk kembali bermimpi.

    Pengen juga ngerasain dongeng yang tak biasa ini.

    BalasHapus
  18. Suka banget sama judul dan covernya, cantik! Taglinenya juga bikin penasaran

    Sebuah dongeng bagi kamu, yang sudah cukup dewasa untuk kembali bermimpi.

    Pengen juga ngerasain dongeng yang tak biasa ini.

    BalasHapus
  19. Baru sedikit sekali buku fantasi karya penulis Indonesia yang pernah kubaca x) jadi kepingin baca Gadis Penenun Mimpi ini karena elemen dongengnya. Menarik! Ikutan giveaway-nya juga ah~~ ;))

    BalasHapus
  20. penasaran dgn isi ceritanya sekaligus penasaran dengan gaya penulisannya

    BalasHapus
  21. penasaran dgn isi ceritanya sekaligus penasaran dengan gaya penulisannya

    BalasHapus
  22. penasaran dengan isi ceritanya sekaligus penasaran juga dengan gaya penulisannya

    BalasHapus
  23. Aku suka bgt sama genre fantasy, advanture, pokoknya yg banyak ngayalnya :'v satu kata buat buku ini : penasaran! Wehehe, penasaran gimana rasanya jadi gadis penenun mimpi yg hrus ng-remas hatinya, ketemu org yg berbeda tiap harinya, penasaran gimana perjalanan kura2 ini, gimana dia nyembuhin hatinya,gimana akhir ceritanya. Btw rivewnya menarik, kata2 yg dipake dn potongan kejadian yg diambil bikin pembaca tertarik. Thankyou kiii. Sekian ~

    BalasHapus
  24. Aku penasaran sama kelanjutan ceritanya, baca review nya aja uda bikin menghayal dan bermimpi ingin ketemu gadis penenun mimpi 😀.benar-benar di bikin penasaran setelah membaca reviewnya,cover bukunya cantik juga siapa pun jika melihat buku ini pasti merasa tertarik ketika melihat judul dan cover nya.

    Terima kasih uda di mention 😊 maaf telat.

    BalasHapus
  25. Sekilas membaca reviewnya sepertinya bahasa yang digunakan puitis banget, jadi baper deh pengen baca buku ini. Kebetulan saya suka jenis novel-novel puitis gitu...

    BalasHapus
  26. Penasaran dgn pemuda yg terluka hatinya... settingnya juga unik, di ujung Pelangi 😀 pasti seru banget ceritanya

    BalasHapus
  27. Dalam hal membaca, aku suka banget sama genre fantasi. Kebawa ke dunia dimana segala sesuatunya mustahil terjadi di dunia nyata. Salah satu contohnya ya buku ini. Baca reviewnya aja udah bikin geregetan karna pengen punya bukunya, pengen baca bukunya, trs ngebayangin bukunya terpampang rapi dan indah di rak buku. Ahhh sumpah saking kepengennya sampe waktu itu kebawa mimpi -.- udah lamaa banget aku nggak baca buku fantasi karya anak bangsa, karena menurut aku susah untuk nemuin buku yg semenarik ini.
    Aku bisa nyimpulin dari review yg dikasih, penulis ini hebat bisa nyiptain dunia imajinasi seperti itu. Ditambah kata2 yg puitis, kata2 yg disetiap kalimatnya dpt membuat pembaca hanyut dalam dunia khayalan yg begitu indahnya. Dan review serta pendapat dari kamu, Kiki, ngebuat aku semakin pengen hanyut ke dalam dunia ini, melupakan dunia yg sedang aku tinggali untuk sementara waktu.
    *ngiri sama kamu yg udah baca huhu

    BalasHapus
  28. Pertama kali lihat judul sama cover Novel nya aja udh bikin saya tertarik untuk memiliki buku ini. Saya suka dengan sajak" yg ada di dlm Novel ini, di tambah lagi nama tokoh" nya yg sangat unik. Bagi saya yg suka mengkhayal, novel ini sangat tepat untuk di jadikan bahan bacaan, karna saya ingin ikut masuk dan membayang kan peristiwa" yg terjadi di hutan kabut, negri bawah danau dan di ujung pelangi serta bagaimana rupa sosok gadis penenun mimpi itu. Gaya penulisan yg puitis serta sajak dan lagu" yg menurut saya sangat indah dan memberikan makna tersendiri bagi si pembaca nya.

    BalasHapus
  29. Judulnya menggugah selera dan memancing tanya "Waw, tema nya dongeng nih! Kira-kira dongeng yang mana ya???" Tema dan alur yang jarang, yang saya cari karena ini. Bukan hanya full romance! Gaya bahasanya bagus banget dan semakin penasaran membaca ini!!! Cover nya pun manis dan novel ini kayaa Dari segi hikmah dan pesan moralnya. Semoga saya beruntung:)

    BalasHapus
  30. Karya kak Gabriell ini terlalu romantis untuk dibaca, terlalu puitis.. untk sebuah kisah dongeng. but, ini berbeda dari yg lain. unik..
    kalau bisa pas ngereview dikasih gambar atau nggak di kasih quote nya. biar makin romantis dan manis blog... kamu.. biar makin untu banyak orang nya....

    BalasHapus
  31. covernya menarik. jika membaca rview dari kak Fikriyah, cerita ini menarik. Apalagi disampaikan dengan bahasa yang sederhana. Alurnya juga unik. yakin ga mau baca? nyesel deh. kapan lagi bisa mengulang kembali kisah-kisah dalam dongeng masa kini. Ya dengan membaca buku Gadis Penenun Mimpi dan Pria yang Melipat Terbang karya kak Gina ini. Kita akan diajak menelusuri perjalanan demi perjalanan Kura-Kura Pengelana. Deskripsi karakernya juga unik, seperti Gadis Penenun Mimpi, Pria yang Melipat Kertas Terbang, Kura-Kura Pengelana. Setting cerita yang digunakan juga tidak biasa. Waah jadi penasaran nih, bagaimana akhir kisah dalam novel ini. Semoga aku termasuk orang yang beruntung untuk membaca novel ini.

    BalasHapus
  32. cover nya terlalu eye catching, aku ga kuat =))
    Baca review mbak fikriah malah bikin tambah pingin baca novel ini kan xD

    Saya suka dongeng, tapi sering kurang asupan stok di genre ini. Makanya saya exited bgt pas gak sengaja baca review tentang novel ini. Ulasan-ulasan yang di buat para blogger sangat mempesona tentang novel ini

    BalasHapus
  33. Novel "Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang"
    ah, rasanya kayak ada manis-manianya gitu. mulai dari covernya yang kelihatan lembut dan manis dipandang, sinopsisnua yang menggetarkan..
    tentang: "Sebuah dongeng bagi kamu, yang sudah cukup dewasauntuk kembali bermimpi"
    di percantik dan dibuat penasaran sama review-nya oleh kak kiki...

    BalasHapus
  34. Pengen banget punya satu copy buku ini :3
    Walau dari melihat covernya saya sama sekali tidak menyangka bahwa ini adalah dongeng dewasa alih-alih romansa kontemporer.
    Saat masih sekolah dulu saya pernah membaca buku dengan genre serupa, saya lupa judulnya namun covernya berwarna kuning dengan gambar burung. Di buku ini juga diceritakan Burung yang Berkelana, serupa dengan Kura-kura Pengelana di buku Gadis Penenun Mimpi ini.

    Saya suka dengan gaya bahasa seperti yang digunakan Miss Gina di buku ini, meski saya harus sering memberi jeda ketika membaca untuk mencerna apa yang dimaksud. Maklum, otak saya agak sengklek kalo dihadapkan dengan gaya tulisan yang sangat nyastra.

    Buku ini juga oke banget (sepertinya) buat referensi bagi penulis puisi pemula macem saya :3

    BalasHapus
  35. Setuju sama kiki.. sepertinya aku akan mulai memburu novel sejenis ini. Pastinya dimulai dengan novel ini dulu, dong hehehe..
    Mbak Gina jago memilih diksi dan mengolah kata. Tersentuh setiap baca sajaknya :')

    BalasHapus
  36. Setuju sama kiki.. sepertinya aku akan mulai memburu novel sejenis ini. Pastinya dimulai dengan novel ini dulu, dong hehehe..
    Mbak Gina jago memilih diksi dan mengolah kata. Tersentuh setiap baca sajaknya :')

    BalasHapus
  37. hanya dari judul & covernya udh buat jatuh cinta.
    penasaran dgn gadis n mimpi2 yg dtenunnya.
    penasaran dgn mimpi2 yg akan dcapainya.

    BalasHapus
  38. hanya dari judul & covernya udh buat jatuh cinta.
    penasaran dgn gadis n mimpi2 yg dtenunnya.
    penasaran dgn mimpi2 yg akan dcapainya.

    BalasHapus
  39. Sejujurnya aku belum bisa bayangin dengan pasti gimana isi dan imajinasi yang ditimbulkan saat baca buku ini. Udah baca beberapa review pun masih nggak kebayang bakal gimana gitu. Berasa setengah tantangan juga ya kalau baca novel yang pake bahasa puitis kayak gini. Bagi sebagian orang akan sulit untuk memhami dengan cepat, termasuk aku hohoho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengen baca. Pastri seru. Aku juga suka yang puitis-puitis gitu, berasa didongengin hehe

      Hapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS