[Review] Crystal Stairs by Amalia Black

Kamis, 24 Desember 2015


Judul : Crystal Stairs
Penulis : Amalia Black
Penerbit : Grasindo
Terbit : Desember 2015
Harga : Rp58.000 via Bukupedia
Tebal : 248 Halaman

Blurb :
Coba lihat tubuh itu.Perhatikan segenap lekuk-lekuknya...Kemudian helaian rambutnya yang tergerai.Juga sepasang matanya yang membuka lebar.Dekati. Lalu, amati dengan jelas... 
Aku seharusnya memanggil polisi untuk mengetahui sudah berapa lama tubuh itu tergeletak di sana. Dalam keadaan berdarah. Tanpa nyawa. 
Aku seharusnya menelepon petugas keamanan untuk melaporkan pemandangan mengerikan yang tengah kusaksikan sekarang. Aku seharusnya bertindak lebih tegas. 
Namun, aku hanya melangkah mundur. Melarikan diri dari seluruh kenyataan. Dan pada akhirnya aku tersadar... kini dunia berangsur-angsur menjadi sepetak penjara bagi kehidupanku. Tidak ada lagi tempat untuk bersembunyi. 

Kim Ha-Na dan Choi Man-Jae, nyaris tiga tahun tak bertemu setelah menyelesaikan sekolah menengahnya, dan kali ini mereka kembali dipertemukan oleh hhmmm... mungkin bisa disebut takdir? Kenangan masa lalu sudah nyaris terlupakan oleh Min-Jae, termasuk kenangannya tentang Ha-Na. Oh bukan, jangan mengira kalau mereka berdua pernah menjalin suatu hubungan. 

Kalian tahu kan, seorang yang dekat dengan kita tak selamanya bisa disebut teman? Begitu pun Min-Jae dan Ha-Na, mereka cukup dekat namun tidak dengan artian sebenarnya. Mereka cukup dekat dalam artian sebagai musuh bebuyutan, setiap kali bertemu pasti tak akan luput dari pertengkaran, keduanya diibaratkan seperti singa dan hyena. Sama buasnya. Tiga tahun di sekolah menengah mereka habiskan dengan ejekan dan pertengkaran sengit.

Lalu, setelah nyaris tiga tahun mereka tak bertemu, bagaimana rupa Ha-Na sekarang? Masih sama kah seperti dahulu? Apakah masih ada pertengkaran yang akan terjadi jika mereka bertemu? Semua jawaban tersebut didapatkan oleh Min-Jae ketika ia tiba di studio, sosok berambut panjang dengan garis wajah memancarkan rona lembut dan kaki yang dihiasi oleh sepatu hak tinggi mulai memasuki ruangan itu. Dan oh lihat! Apakah benar itu Ha-Na? Apakah Min-Jae tak salah orang? Bagaimana bisa gadis itu terlihat sangat berbeda?

"Kalau dia lebih dahulu menyerahkan riwayat hidupnya, mungkin dia akan jadi lawan mainmu." - halaman 9

Ya, Ha-Na bisa saja menjadi lawan main Min-Jae di pertunjukan musikal ini jika ia lebih cepat menyerahkan riawayat hidupnya. Namun, hal itu tak terjadi, sebab lawan main Min-Jae telah ditetapkan, yaitu gadis berumur dua puluh tiga tahun dengan lekuk tubuh yang sempurna bernama Kang Dae-Yun.

"Mungkin orang itu akan marah melihatku melakukan ini, karena sepertinya... aku mulai menyukaimu, Min-Jae." - halaman 77

Menjadi pemeran pengganti sudah cukup untuk Ha-Na. Namun, karena suatu kejadian menggemparkan terjadi, ketika salah satu orang yang memiliki andil penting dalam pertunjukan musikal ini ditemukan tewas,  Ha-Na kemudian ditunjuk sebagai pemeran utama. Sebenarnya itu adalah hal yang baik, namun sejak kemarin semangat Ha-Na sudah hilang entah kemana. Bagaimana tidak? Ia dituduh sebagai tersangka atas tewasnya sang pemeran utama sebelumnya.  

Dituduh sebagai pembunuh sang pemeran utama sebelumnya, disudutkan oleh orang-orang karena hal tersebut, dan mendapatkan teror dari seseorang yang misterius. Apakah ada hal lain yang lebih buruk yang bisa dialami oleh Ha-Na?
"Namun, menangkap seseorang tanpa bukti-bukti kuat tentu adalah hal yang melanggar kode etik." - halaman 199 
Ini seru. Serius! Kisah romantis namun sedikit mencekam dengan adanya masalah pembunuhan. Latar kisah ini adalah Negeri Ginseng, Korea Selatan. Dengan menyangkut tentang kehidupan para artis di dunia hiburan, kisah ini terasa lebih hidup. Apa yang terlihat menyenangkan dan indah oleh Publik, tak selamanya adalah hal yang benar. Bukan hanya para artis, kita juga pasti begitu, kan? Apa yang terlihat belum tentu apa yang sebenarnya terjadi. Begitu pula dengan apa yang dialami oleh Dae-Yun, ada beberapa hal yang tidak diketahui oleh Publik yang cukup membebaninya. 

Awalnya, saya cukup penasaran dengan makna dari judul buku ini, Crystal Stairs. Apa sih maknanya? Lalu, seperti beberapa buku yang sudah kubaca, aku akan menemukan makna dari judul buku yang tercantum ketika selesai membacanya. Hal yang sama pun terjadi setelah saya selesai membaca buku ini, makna dari 'Crystal Stairs' akan ditemukan di bagian akhir cerita.

Covernya cukup kelam, didominasi warna hitam dan juga kehadiran sosok yang seperti sedang ketakutan, cemas, seperti yang dialami oleh Ha-Na. Saya suka dengan penggambaran Ha-Na di cover. Covernya sukses menggambarkan cerita yang ada dalam buku ini.

Saat membaca buku ini, perasaan saya serasa gimana ya? Pengen tahu siapa pembunuh sebenarnya, apa motif dari pembunuhan itu? Diajak menebak-nebak sih, saya suka cerita semacam itu. Dan saat telah diketahui siapa pelaku sebenarnya, saya berpikir "Oh dia toh, memang sih pernah mikir kalau dia pelakunya."

Ah iya, sepertinya, keunikan PSA3 dari Grasindo adalah covernya yang 'berjendela' dan beberapa sketsa dalam buku. Dan, mengingat bahwa ini adalah buku pertama dari sang Penulis, Amaliah Black, ini bisa dikatakan sebagai awal yang baik. Saya menunggu buku selanjutnya ^^

Kunjungi pula : Blogtour & Giveaway Crystal Stairs

29 komentar:

  1. kalo ngomongin kasus pembunuhan langsung bikin aku inget Conan.. XD jangan-jangan mbak Amaliah ini penikmat Conan juga? :3

    BalasHapus
  2. Ini novel keren bgt...Pemenang PSA3 bukan???Ah semoga bisa dapet novelnya..Kemarin udh muter otak buat ikut GA #CrystalStairs tp ngga menang-menang

    BalasHapus
  3. Covernya unik ya...backgroundnya hitam gitu. Misterius....moga aku beruntung di blogtour kali ini :D biar bisa ngerasain misteriusnya cerita di novel ini.

    BalasHapus
  4. Dari awal blogtour udah berharap dapat novel iniT_T tapi belum rezeki kayanya. Dari reviewnya sangat bagus jadi pengen baca. Semoga kau berjodoh dengan rak buku ku yang masih kosong, sekosong hati pemiliknya:3

    BalasHapus
  5. Wah penasaran aku dengan reviewnya. Seleraku banget dan gatau kenapa ngerasa vibe kayak My Love From The Star xD #yha

    Semoga aku beruntung mendapatkan bukunya ya ^^

    BalasHapus
  6. Dari reviewnya aja udah bikin penasaran, apalagi kalo dah baca bukunya... Covernya keren. Romance? Genre favorit aku. apalagi ada bumbu-bumbu kemisteriusannya. Semoga saya beruntung deh dapetin ini buku

    BalasHapus
  7. Wuih~ latar nya Korea, asik nih.
    Covernya aku suka, misterius gitu XD
    Cocok dengan temanya yang agak 'dark'

    BalasHapus
  8. Aku suka banget cerita yang judulnya mengandung makna! Benar-benar mengandung makna! Seperti novel Tiga-nya Alicia Lidwina yang cover dan judul mengandung makna >< Apa Crystal Stairs juga begitu? Jadi penasaran. Plus, novel ini mengandung unsur misteri dan bukan hanya romance ._. kok rasanya keren... jadi super penasaran haha

    BalasHapus
  9. Aku seneng bgt ada GA novel PSA3 ^^
    Kalo novel misteri latar jepang pernah
    Kalo tema korea? Belumm dan pengen
    baca
    Apalagi ada bumbu bumbu romance
    Aku suka banget cerita romance yg
    awalnya ribut trus akhirnya jadian ^^
    Walaupun udah sering baca + nonton
    kisah romance seperti itu tapi ga
    pernah bosen Reviewnya apalagi! Jadi
    tambah mupeng mau baca
    Hiihihihi

    BalasHapus
  10. Reviewnya sudah sangat mengena sekali, dan mudah di pahami. Dari segi Cover, sangat menarik. terlihat dari cover warna hitamnya sudah menggambarkan bagaimana isi ceritanya yang penuh misteri... dan cerita ini juga menggambarkan bagaimana kehidupan seorang selebriti yang populer,pasti tak luput dari fans dan haters.

    BalasHapus
  11. cerita dari pemenang PSA3 lebih bervariasi ya, ceritanya gak melulu soal cinta-cintaan. misterinya lumayan terasa, jadi pengen tau makna dari judul yang diambil sama penulisnya.

    BalasHapus
  12. setelah membaca review dari kakak aku jadi semakin penasaran. suka dengan genre novel ini, apalagi ada misterinya. dari dulu aku memamng suka sesuatu yang berbau misteri sih. tapi yang ini unik, ceritanya gabungan antara dunia keartisan dengan misteri.

    awalnya aku sudah mengikuti giveaway di blognya kak rizky, tapi takdir menyatakan aku bukan orang yang tepat untuk memenagkannya. dan kali ini, diblog kakak, aku kembali mencoba peruntungan ku.

    BalasHapus
  13. Aku penasaran dgn makna yg diungkapkan sama kaka, yaitu makna dari 'Crystal Stairs' yg ditemukan di bagian akhir cerita.kaka sebenarnya apa hubungannya dgn cerita Ha-Na. Selain itu apa yang dilakukan Hana saat dia menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan Dae-Yun membuatku penasaran, bisa gak ha-na menghadapi itu semua, ditambah lagi dgn orng2 yg menyudutkan dirinya. Tambah penasaran, terus hubungan Min-jae akankah kembali seperti masa lalu?? Aarrrgghh penasaran bgt >_<
    Untuk ha-na kamu harus kuat nak!

    BalasHapus
  14. Aku suka dengan buku yang berkisah pembunuhan, karena secara tak langsung biasanya pembaca diajak untuk mikir dan nebak siapa sih tersangkanya, apa motifnya, benar nggak sih dia yang tersangka. Dan, aku sendiri cukup penasaran dengan buku ini karena dari review-nya aku nggak bisa nebak tokoh siapa yang jadi pelakunya >_<

    BalasHapus
  15. Kayaknya keren dehh. Aku suka sama novel yang rada mencekam kayak gini. Jadi makin penasaran baca bukunya. Hmm novel dgn latar belakang korea pertama yang menarik perhatianku hehe

    BalasHapus
  16. Kalau baca reviewnya langsung inget I Remember Yoy Seo In Guk sama Jang Na Ra. hehehe... :D :D
    Seperti itu nggak sih kira kira?? :D :D

    BalasHapus
  17. Ini kisah tentang pemeran utama dan pemeran pengganti, to. Aku penasaran sih, apa sih yang bakal diomongin dengan pembunuhan di kisah dengan citarasa Korea ini. Aku penasaran dengan twist di cerita ini. Siapa sih tersangkanya? Pasti menarik jika membahas hal-hal seperti ini.

    BalasHapus
  18. Sama dengan reviewer, aku sempat menduga-duga apa makna dari judul Crystal Stairs? Apa hubungannya dengan keseluruhan cerita ini? Karena sekilas baca blurb dan review-nya itu nggak bisa langsung menebak apa artinya. Nampaknya akan menarik jika bisa menemukan jawabannya sendiri dari hasil menyimak seluruh ceritanya. Dari judulnya saja sudah mengundang keingin tahuan. :D

    BalasHapus
  19. Sebenarnya saya kurang suka dengan sedikit bagian cover-nya; sosok perempuan 'cemas' tersebut kurang realistis. Tapi saya mengapresiasi konsep cover-nya yang kelam dan seolah menyimpan misteri. Entah kenapa, saya jadi menyandingkan warna dominan cover dan nama penulis; 'Black'.
    Karena saya juga penikmat mysteri, saya menyukai kasus-kasus pembunuhan, saya tidak sabar membaca novel pertama penulis.

    BalasHapus
  20. Aduh Ha-Na apes banget ya, menjadi pengganti pemeran utama tapi malah dituduh tersangka pembunuhan sang mantan pemeran utama.
    Cerita yang mengandung misteri, memang seru bikin kita menebak-nebak, deg-degan juga, sampai dibuat bengong ketika di akhir cerita ternyata tebakan kita meleset! Penulisnya cerdik banget! Harus baca novel ini deh!

    BalasHapus
  21. Sepertinya Saya satu-satunya peserta GA yang nggak terlalu mengenai hal-hal yang berhubungan dengan Korea. Karena jujur sedikit kurang tertarik, baik dalam cerita-ceritanya terlalu melankolis, akan tetapi ketertarikan Saya pada Crystal Stairs karena karya Kak Amaliah ini punya sisi berbeda yang mengejutkan, lebih punya sisi misteri yang mendalam, sangat menantang untuk diungkap. Semoga berkesempatan menikmati mahakarya terbitan Grasindo ini.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  22. Wah, ini agak beda ya, dari K-Stories terbitan Grasindo lain yang melulu romance. Biasanya, saya gak begitu tertarik membaca cerita Korea yang ditulis penulis dalam negeri. Tapi kali ini, kayaknya saya berubah pikiran ^_^

    BalasHapus
  23. Kayaknya seru nih lakon Ha-Na, awalnya pemeran pengganti jadi pemeran utama. Apalagi ditambah kasus pembunuhan ceritanya pasti tambah seru. Saya sangat tertarik kalo ada kasus pembunuhan2 gitu, pengin tau alasan di balik kasus itu :v

    BalasHapus
  24. Korea memang menggoda dan menawan. serta cantik....

    BalasHapus
  25. Pingin banget dapet novel ini sebagai hadiah untuk adikku yg sangat suka dengan semua yg berbau Korea :D

    BalasHapus
  26. quote di halaman 77 itu buat saya penasaran, Min-jae ngomong itu ke siapa ya...?? Ha-Na ya..?? *gagal fokus*

    Dan seperti kebanyak reviewer yang mengatakan kalo covernya eye catching, saya juga berpikiran sama. Covernya yang didominasi hitam ditambah jeruji besi memberikan efek kelam bagi gadis dibelakangnya. Sekaligus menarik minat pembaca terutama saya untuk mengetahui nasib si gadis dalam cover.

    Terima kasih reviewnya ^^

    BalasHapus
  27. Aku suka warna hitam dan novel ini udah bikin saya tertarik hanya dari covernya saja. Lalu berlanjut ke judul dan blurb. Apalagi baca reviewnya sukses bikin saya penasaran. Dan aku suka dengan tema pembunuhan yang memerlukan pemikiran kita, aku suka nebak-nebak gitu seru dan di novel ini tersedia.
    Keren keren keren

    BalasHapus
  28. penuh misteri bukan cerita romance menye - menye seperti yang kupikirkan awalnya .Aku menerka - nerka kenapa judulnya bisa crystal stairs . Dengan sampul hitam yang membuatku makin penasaran .

    buku ini recomended banget .

    BalasHapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS