[Blogtour] When The Star Falls by Andry Setiawan

Jumat, 18 Desember 2015


Halo! Apakabar semuanya? Nggak bosan kan ngunjungin blog ini? x) Kali ini, saya datang bersama dengan diadakannya Blogtour When The Star Falls. Bagi kalian yang penasaran dengan novel tersebut, bisa dibaca dulu Review When The Star Falls.

Sama seperti biasanya, di akhir blogtour akan ada Giveaway berupa buku. Kali ini, akan ada satu orang beruntung yang akan mendapatkan masing-masing satu novel When The Star Falls. Konsep blogtour kali ini cukup berbeda dengan beberapa Blogtour Haru sebelumnya. Di blogtour kali ini, saya tak sendiri *iya dong, masa mau sendiri terus #NahLho*. Sang penulis, Andry Setiawan ikut hadir di blog ini dan akan menjawab pertanyaan dari teman-teman.  Namun sebelum itu, saya terlebih dahulu telah mengadakan sesi tanya-jawab dengan kak Andry.

Berikut sedikit pertanyaan yang telah saya ajukan kepada Andry Setiawan :

Q : Fikriah Azhari
A : Andry Setiawan

Q : Halo kak Andry! Apakabar? Apakabar juga Sam dan Lynn? Sebelumnya, terimakasih ya karena telah mempercayakan Dreams Come True dalam pelaksanaan Blogtour When The Star Falls dan telah bersedia menjawab pertanyaan saya ke depannya.
A : Halo, Fikriah. Terima kasih juga karena sudah menerima saya di Blog ini. Semoga jawaban-jawaban dari saya bisa berguna bagi teman-teman pengunjung Blog.

Q : Saat ini kak Andry sedang sibuk dalam hal apa? Apakah sudah ada ide untuk naskah baru? Atau malah sudah dalam proses kepenulisan?
A : Saat ini sedang memikirkan konsep novel yang baru. Ide dasarnya sudah ada, tapi masih bingung bagaimana cara mengembangkannya, juga masih bingung dengan tokoh-tokohnya. Jadi, masih tahap dasar sekali dan sedang berusaha membangun mood untuk menulis.

Q : Pada ucapan Terimakasih, kak Andry menuturkan bahwa butuh waktu delapan tahun sampai When The Star Falls bisa berwujud seperti ini. Waw! Delapan tahun! Delapan tahun yang lalu umur saya masih kisaran enam tahunlah, baru masuk SD. Delapan tahun bukanlah waktu yang singkat, apa yang membuat dibutuhkannya waktu selama itu untuk terwujudnya novel ini?
A : When The Star Falls pernah terbengkalai setelah ditolak. Naskah itu tidak saya apa-apakan, hanya saya biarkan saja di dalam dokumen komputer dan selalu saya pindah sana sini setiap kali berganti komputer. Tapi, akhir tahun lalu, ada ajang GWP dan saya bertekad mengikutkan novel ini. Jadi mulai saat itulah saya merombak naskah tersebut dan mengikutkan sekitar empat bab. Hanya saja, sayang sekali saya tidak terpilih dalam ajang itu. Tapi saya tetap bertekad untuk menyelesaikan When The Star Falls, hingga akhirnya bisa terbit dan tiba di tangan teman-teman semua.

Q : Kalau boleh tahu, When The Star Falls itu merupakan novel keberapa karya kak Andry? Dan, apa yang membuat novel ini beda dari karya sebelumnya?
A : Untuk novel, ini novel yang ketiga setelah ‘Then I Hate You So’ dan ‘Ojou!’.
Yang membuat berbeda mungkin tokoh utama cowoknya yang tidak terlalu bisa disukai oleh banyak pembaca. Sam terlalu minderan dan terlalu banyak berpikir sendiri sehingga tidak bisa mengambil tindakan yang jelas. Terus, When The Star Falls lebih bernuansa melankolis jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Q : Wah, When The Star Falls ternyata novel ketiga ya. Melihat novel-novel sebelumnya, ternyata When The Star Falls merupakan novel pertama kak Andry yang berlatar Indonesia, apakah ada kesulitan tersendiri untuk hal itu?
A : Untuk latar (banyak menerima kritik dari pembaca nih bahwa latar When The Star Falls terlalu tidak jelas T.T), mungkin malah susah membangunnya, ya, karena sejak kuliah saya tinggal di Jepang, jadi malah lebih terasa akrab negara itu daripada kota kelahiran sendiri. Tapi semoga di karya-karya berikutnya saya bisa lebih baik.

Q : When The Star Falls termasuk kategori Sick-Lit. Apa yang membuat kak Andry tertarik menulis cerita bergenre tersebut?
A : Sick-Lit selalu menceritakan tentang orang-orang dengan kondisi yang tidak biasa dan tidak bisa dihindari. Dengan situasi yang seperti itu, mereka tetap berjuang untuk melakukan yang terbaik. Semangat itulah yang membuat saya tertarik untuk menulis Sick-Lit.

Q : When The Star Falls berkisah tentang Lynn yang menyukai bintang. Kenapa kak Andry memilih bintang untuk hal yang disukai oleh Lynn?
A : Karena romantisnya? Haha. Saya sendiri tidak tahu kenapa nih. Mungkin karena terpengaruh oleh Stardust nya Neil Gaiman yang mengambarkan bintang sebagai sesosok wanita cantik. Legenda bintang yang ada di dalam When The Star Falls saya adaptasi dari konsep bintang = manusia itu. 
Q : Apakah ada kendala yang dialami kak Andry saat proses penulisan When The Star Falls?
A : Kendala utama adalah rasa malas. Kadang saya malas untuk riset, dan kadang di pagi hari waktu saya akan memulai menulis, mood saya sudah telanjur bubar gara-gara kejadian-kejadian kecil waktu sarapan. Misalnya orangtua yang tiba-tiba cekcok masalah gula yang habis. *haha 
Q : Apa adegan favorit kak Andry di When The Star Falls?
A : Twistnya. Haha.

Q : Jika disuruh memilih salah satu tokoh dalam When The Star Falls, kak Andry akan menjadi siapa? Apa alasannya?
A : Mungkin Leon. Karena dia blakblakan dan selalu mengatakan apa yang dia ingin katakan. Yang pasti saya tidak mau jadi Sam. Haha. 
Q : Di setiap kisah, pasti penulis punya hal tersendiri yang ingin ia sampaikan ke para pembaca. Kalau kak Andry, apa hal yang ingin disampaikan kepada pembaca When The Star Falls?
A : Quote ini: ‘Semua orang, tanpa kecuali, memiliki perasaan dan pikiran mereka sendiri saat mengambil sebuah keputusan. Ketakutan mereka, rasa cemas, bahkan rasa sayang bisa menjadi alasan itu. Apa hakku untuk mengabaikan perasaan itu dan menyuruh mereka mengambil keputusan yang bertolak belakang dengan perasaan mereka?’Saya berusaha untuk menciptakan karakter dengan latar belakang yang jelas di novel ini. Setiap tindakan, dan setiap keputusan yang mereka ambil berdasarkan dari latar belakang mereka tersebut, dan saya ingin agar pembaca mengerti alasan mereka. Dan akhirnya, agar teman-teman juga bisa menempatkan diri di posisi orang lain sebelum mencela orang lain akan tindakan mereka. 

Q : Pertanyaan penutup, yang sepertinya akan menjadi ciri khas blog ini jika mewawancarai  seorang penulis. Saya menemukan pertanyaan ini di novel Wishing Her To Die yang juga diterbitkan oleh Penerbit Haru, “Kalau disuruh memilih kehidupan seperti kembang api tetapi cepat atau kehidupan membosankan tetapi lama, maka mana yang akan kau pilih?” Kalau kak Andry sendiri akan memilih yang mana?
A : Cepat dan seperti kembang api. Karena kembang api sempat memberikan kesan pada orang yang melihatnya.

Q : Terimakasih untuk kak Andry yang telah bersedia menjawab pertanyaan yang saya ajukan. Saya tunggu karya-karya selanjutnya. Salam untuk Sam dan Lynn, juga untuk Billy dan Leon.
A : Terima kasih juga untuk Fikriah yang sudah memberikan kesempatan untuk nongol di blog ini. Kalau ada kata-kata yang tidak berkenan, saya meminta maaf yang sebesar-besarnya dan semoga bisa bertemu lagi di lain kesempatan!

.::GIVEAWAY TIME::.


Nah bagaimana? Sudah membaca jawaban-jawaban kak Andry dari pertanyaan yang saya ajukan? Atau malah nggak baca tapi langsung ke Giveawaynya, ayo jujurrr x) Ahaha pasti ada yang gitu, kan? 

Jadi, bagi kalian yang tertarik untuk membaca When The Star Falls, berikut beberapa peraturannya : 
  1. Follow @Penerbitharu dan @Konstantin0609 di Twitter.
  2. Share info Blogtour ini di twitter dengan mention @Lovaren_ (tidak wajib follow)
  3. Follow blog ini via GFC atau email.
  4. Wajib meninggalkan komentar di Review When The Star Falls.
  5. Disarankan untuk meninggalkan pertanyaan untuk Andry Setiawan di kolom komentar postingan ini.
  6. Pemenang akan diumumkan pada Minggu, 27 Desember 2015.


Giveaway berlangsung dari tanggal 18 Desember 2015 sampai 24 Desember 2015. Yap, giveaway kali ini berlangsung satu minggu.

Jadi, ini pertanyaannya : 
Andry Setiawan memilih bintang untuk hal penting di novel ini karena menurutnya, bintang itu romantis. Kalau menurut kalian, bintang itu apa sih? Deskripsikan bintang menurut sudut pandang kalian dong ^^!

Jawab pertanyaan tersebut di kolom komentar dengan mencantumkan NAMA dan AKUN TWITTER. Psst, kalian juga bisa memberikan pertanyaan kepada Andry Setiawan di kolom komentar, bisa seputar novel ini atau bisa juga tentang kepenulisan,nantinya dia akan menjawab pertanyaan kalian. Dan, dengan memberikan pertanyaan, itu akan menambah peluang kalian menjadi pemenang ^^. Saya tunggu jawaban dan pertanyaan kalian!

56 komentar:

  1. Andry Setiawan memilih bintang untuk hal penting di novel ini karena menurutnya, bintang itu romantis. Kalau menurut kalian, bintang itu apa sih? Deskripsikan bintang menurut sudut pandang kalian dong ^^!
    Jawab: menurut aku, bintang itu benda langit yang indah. Apalagi ketika bintang-bintang itu bertebaran di langit, mereka bisa membuat malam menjadi ramai, dan juga bersinar sangat terang. Sama seperti manusia, terkadang, ada satu bintang yang paling bersinar, tapi ia akan lebih bersinar jika bersama bintang-bintang yang lain :)
    Pertanyaan untuk kak Andry: bagian tersedih dari novel ini menurut kakak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Firdha Amelia
      Akun: @Firdhamelia_

      Hapus
    2. Hai Firdha,

      Wah, kalau diceritakan spoiler dong. Coba baca sendiri dan beritahu saya ya bagian tersedih menurutmu.

      Salam,
      Andry

      Hapus
  2. Nama: Kiki Suarni
    Twitter: @Kimol12
    Jawaban:

    Kalo aku denger kata bintang, yang terlintas pertama kali di otakku adalah bercahaya. Bintang menurutku adalah benda langit yang cantik penghias langit malam. Bintang juga sangat mandiri karena dapat menghasilkan cahayanya sendiri. Walau ada juga bintang manja yang hanya memantulkan cahaya dari bintang lain (bintang semu). Bintang itu kekasih sang rembulan. Ibarat kata bulan tanpa bintang bagai sayur tanpa garam. Masaak euy...

    Pertanyaanku buat Kak Andry:
    Bintang menurut Kak Andry adalah hal yang romantis. Dan bintang dalam novel ini juga berdasarkan konsep manusia itu sendiri. Nah, pernah gak atau ada gak pengalaman atau moment pribadi Kak Andry atau apa pun itu yang berkaitan dengan bintang? *kepo

    Oya, Kak Andry dulu kuliah di Jepang yah? Ada rencana berkunjung ke sana lagikah? Kalo iya, nitip salam sama Yamapi, suruh nuggu aku di Tokyo Tower hhehehe *mulai ngaco.

    Oke deh, Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Kiki,

      Tidak ada. Haha. Aku hanya bisa menatap bintang dari jauh.

      Siap, laksanakan! *haha

      Salam,
      Andry

      Hapus
  3. Nama : Ratnani Latifah
    Twitter : @ratnaShinju2chi

    Andry Setiawan memilih bintang untuk hal penting di novel ini karena menurutnya, bintang itu romantis. Kalau menurut kalian, bintang itu apa sih? Deskripsikan bintang menurut sudut pandang kalian dong ^^!

    Jawab : Bintang ada ciptaan Allah yang akan terlihat cantik di malam hari. Kelipnya akan menjadi penerang ketika gelap datang. Itulah gambaran pertama ketika menyinggung bintang, selain itu bintang adalah simbol impian. Kenapa? Karena dia (bintang) berada di tempat tinggi, bersinar. Menggambarkan bahwa jika ingin memetiknya--memiliki, maka harus ada usaha keras dan perjuangan. Yah, bagiku bintang tidak hanya sekadar cahaya di malam hari tapi juga pengingat tentang sebuah pengharapan dalam mengejar mimpiku, yang mengajarkan untuk terus berpikir ke depan, maju, semangat dan tidak kenal lelah dalam berusaha.

    Lalu pertanyaan untuk Kak Andry.

    Apa keunikan dari novel ini, dan apa yang melatarbalakngi Kak Andry membuat tokoh utama yang lemah dan terkesan akan dibenci pembaca? Kenapa tidak membuat tokoh yang cool dan kuat. Dan satu lagi Apa motivasi Kak Adry menulis? Maaf kebanyakan tanya. penasaran sih, hehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Ratna,

      1. Ada jawabannya di artikel blog berikutnya. Ikuti terus ya.
      2. Menulis adalah hobiku. Jadi, itulah motivasiku.

      Salam,
      Andry

      Hapus
    2. Siap untuk mengikuti Kak, biar dapat jawaban dari pertanyaanku dan menghilangkan rasa penasaran ^^

      Hapus
  4. Naning Pratiwi
    @chelseas_lovers

    Menurutku, bintang itu adalah harapan. Ketika terang bulan tidak muncul, ketika gelap malam akhirnya menutup akses cahaya Matahari.
    bintang adalah harapan ketika kegelapan melanda, setelah bulan dan bintang tak menampakkan keperkasaannya. Seperti dalam hidup manusia. Sekecil apapun, dalam hidup selalu ada harapan. Bahkan ketika jalan berakhir dengan kebuntuan.

    Pertanyaan buat kak Andry :
    Setelah ini,, mau buat cerita yang kayak apa sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Naning,

      Sesuatu yang berhubungan dengan dunia penerbitan.

      Salam,
      Andry

      Hapus
    2. Yang seperti apa?
      Masih belum puas kak jawabannya., hihihihh... :D :D :D

      Hapus
  5. Nama: Eka Sasining Putri
    Akun twitter: @cha_ichie

    Bagi saya bintang selayaknya kurcaci yang mendampingi Snow White dalam pelariannya dari ibu tiri. Dia menjadi tritagonis utama yang menyokong kisah cinta Snow White dan pangeran.
    Bintang merupakan simbol yang cocok bagi seseorang ringkih yang tidak cukup hebat untuk disebut luar biasa meski dia telah melakukan hal yang tidak berhasil dikerjakan orang kuat lain. Dia memiliki keraguan besar dengan kerlip lemah, bukan hanya karena ketidakmampuannya terhadap hal kecil, tapi juga karena jarak pandang yang memisahkan dirinya dari kesadaran orang.
    Namun bintang lebih tepat lagi untuk menggambarkan harapan. Dalam lautan kelam yang bahkan hampir menelan bulan, dia adalah personifikasi asa. Bahwa dalam genangan masalah hidup, dia menunjukkan kesempatan lahirnya harapan baru yang sempat tertimbun. Meski tampak sangat kecil, dia menyimpan jalaran api yang juga dimiliki matahari.
    Saking setia pada bulan, dia juga akan lenyap saat surya tampak, menjadi kawan karib selain kegelapan malam bagi bulan.

    Pertanyaan untuk Kak Andry: Apakah Kak Andry memilih bintang sebagai hal penting karena romantis? Adakah arti lain yang mendorong Kakak memilih bintang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Eka,

      Tidak ada arti lain. Bintang bagiku adalah sesuatu yang misterius, dan itu sudah cukup untuk kita berimajinasi.

      Salam,
      Andry

      Hapus
  6. Dias Shinta Devi
    @DiasShinta

    Buat aku, bintang itu pemicu kerinduan tak berkesudahan kalau ia sedang tak nampak di langit. Aku juga suka banget liat bintang, rasanya menenangkan dan nggak merasa kesepian. Aku sampai request ke mama bahwa adikku diberi nama Bintang, dan di dunia inilah sekarang dia berada, di sampingku, nyata. Dia laki-laki, tapi dipenuhi harapan. Persis setiap malam yang kuhabiskan menatap langit, berharap.
    Bintang = harapan.
    Yang paling aku suka ungkapan: "jangan memilih bintang yang paling terang, karena dia pasti banyak yang ingin memiliki. buatku, bintang yang cahayanya tak terlalu terang tak masalah, asalkan dia tetap setia bersinar dan menemani".

    Buat kak Andry:
    kalau diberi kesempatan untuk mengajukan harapan pada bintang, apa yang kakak inginkan?

    Thanks kak Andry dan Kiky :)

    BalasHapus
  7. Nama:Nur Annisa
    Akun Twitter: @YoshikuniNhora
    Jawaban:
    "Andry Setiawan memilih bintang untuk hal penting di novel ini karena menurutnya, bintang itu romantis. Kalau menurut kalian, bintang itu apa sih? Deskripsikan bintang menurut sudut pandang kalian dong ^^!"

    Kalo menurut aku bintang itu benda langit yang bersinar sendiri dengan sinarnya. Jadi bintang itu mandiri dengan sendirinya. Kalo liat atau ingat bintang, jadi pengen mandiri kaya bintang. Ga bergantung pada orang lain hehe.

    pertanyaan buat Ka Andry: Setelah baca review When The Star Falls, kan itu latar tempat di Indonesia dengan nama tokoh yang kebanyakan nama luar. Ada alasan khusus ga milih latar di Indonesia?

    Makasih ya udah boleh ikutan plus boleh nanya ke penulisnya langsung :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Annisa,

      Kenapa latar Indonesia? Sebenarnya aku ingin menulis tentang kampung halamanku sendiri. Sudah ada beberapa perumahan di sini. Tapi, kalau sedikit berkendara, kamu sudah bisa melihat ladang jagung, tebu, dan bahkan sawah terasiring. Cantik banget.

      Salam,
      Andry

      Hapus
  8. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya

    Bagiku bintang itu bukan hanya sebuah nama dari benda langit, melainkan juga banyak dipakai sebagai nama manusia. Bahkan cocok-cocok saja dipakai sebagai nama lelaki dan perempuan. Bintang juga pelengkap keindahan. Bayangkan saja kalau langit malam hanya hitam pekat tanpa kerlap kerlip bintang, pasti kurang indah kan? Bulan pun akan kesepian karena hanya dia yang terang sendirian.

    Pertanyaan:
    Karena bahasannya tentang bintang, maka saya mau kasih pertanyaan tentang bintang juga. Seorang Andry Setiawan percaya nggak kalau bintang adalah perwujudan dari arwah-arwah orang-orang yang baik hatinya yang telah meninggal seperti yang sering disebutkan dalam dongeng dan kartun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Aya,

      Separuh percaya separuh tidak. Hehe.
      Tapi legenda seperti itu selalu bisa membangkitkan imajinasi, ya.



      Salam,
      Andry

      Hapus
  9. BINTANG PERMATA ALAM / @Bintang_Ach
    .
    .
    Yang membuatku tertarik untuk ikut serta dalam giveaway ini salah satunya adalah karena membahas tentang 'Bintang', heheh.
    Ok, langsung aja. Bagiku... bintang itu unggul. Dulu, aku pernah tanya sama Papa, 'Pa, artinya namaku Bintang itu apa?". Papa pasti selalu menjawab "Bintang itu unggul". Ya, unggul, dalam segala hal. Tidak hanya bercahaya ataupun menghiasi gelapnya malam. Dulu, banyak pelaut menggunakan bintang sebagai alat penunjuk arah. Dengan memanfaatkan rasi bintang. Bener kan?
    Itu artinya, bintang tidak akan menyesatkan kita.
    Kayaknya itu aja, ga usah banyak2. Bagiku, bintang adalah 'sesuatu yang tidak merugikan apabila kita melihatnya'.
    .
    .
    Pertanyaan untuk penulis: "Aku pernah membaca satu quotes. 'A good book has no ending' Apakah penulis setuju dg ungkapan itu? Alasannya?"
    .
    Thanksss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Bintang,

      Wah, namanya Bintang ya ^^

      Untuk quotes itu, aku rasa ending di sana bukan mengacu pada ending atau ceritanya. Aku setuju bahwa buku yang bagus tidak harus berakhir saat kita selesai membacanya. Buku yang bagus, adalah buku yang memiliki pesan yang bisa kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, pembaca nggak selesai begitu saja setelah selesai membaca bukunya. Dan aku percaya setiap buku memiliki pesannya masing-masing.

      Tapi, tentu saja diperlukan pembaca yang jeli untuk menangkap pesan dalam setiap buku yang dia baca.

      Salam,
      Andry

      Hapus
  10. Nama : Dhea Ameliana Asifa
    Akun twitter : @jokyublacky

    Andry Setiawan memilih bintang untuk hal penting di novel ini karena menurutnya, bintang itu romantis. Kalau menurut kalian, bintang itu apa sih? Deskripsikan bintang menurut sudut pandang kalian dong ^^!

    Menurut aku, bintang itu benda. Ya, benda luar biasa yang diciptakan-Nya hingga bisa melayang di angkasa.
    Bintang itu romantis. Untuk yang satu ini aku setuju dengan kak Andry. Kenapa?
    Karena bintang itu tetap bersinar walau sekelilingnya gelap gulita. Tidak menyerah.Tidak iri dengan sinar mentari, tidak sombong dengan keindahannya.

    Pertanyaan untuk Kak Andry :
    Apa kakak percaya kalau mengucapkan permintaan saat bintang jatuh akan terwujud? Kenapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Dhea,

      Separuh percaya dan separuh tidak.
      Menurutku harapan akan terwujud dengan kemauan dan kerja keras juga.

      Salam,
      Andry

      Hapus
  11. Nama : Nur Rachmawati. Z
    Akun : @OmbakBintang
    Menurutku Bintang seperti manusia itu sendiri, setiap bintang punya arti mereka. Setiap bintang punya caranya untuk bersinar meski kadang tak nampak. Romantis juga magis dengan keajaiban yanng mungkin dibawanya. Itu menurutku sih.
    Oh, iya. Apa sih yang membuat Kak Andry terus menulis? Pernah gak kak Andry kecewa dengan tulisan kak Andry? Kenapa?

    Terima kasih untuk kesempatannya bertanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Nur,

      Kenapa terus menulis? Karena menulis adalah hobiku.
      Apa pernah kecewa? Tentu saja pernah. Terlebih karena aku yang malas riset dan tidak menggodok idenya sampai matang, bahkan tidak menulis kerangka. Jadinya, naskah amburadul. Sedih banget deh.

      Salam,
      Andry

      Hapus
  12. Lutfi A, @lutfixx

    Bintang itu bagiku hal yang spesial. Ia merupakan anggota tata surya. Aku menyukai matahari, bintang-bintang, bumi, langit, bulan, senja, fajar ...betapa kecil sekali makna hadirku diantara universal ini. Bintang yang terlihat dilangit, berusia ribuan tahun atau mungkin lebih. Langit yang kupandang ketika malam hari mungkin langit yang sama dipandang oleh nenek moyangku dulu. Aku merasa sangat kagum dan seolah konyol sendiri melihat titik-titik kecil kelap kelip di langit sana yang ...berusia ribuan tahun? Ada sejak zaman...bahkan sebelum reptil mendominasi bumi? Seolah mengawasi masa lalu dan sekarang ...Atau menatap ke langit malam dan menerka-nerka apa yang terjadi dibalik kegelapan langit? Membayangkan galaksi ini sangat besar dan bintang-bintang baru terlahir nan jauh di angkasa sana? Bintang itu sangat dreamy... yah perasaan seperti itulah...

    Ah ya! aku menemukan ini ---favoritku tentang aktivitas melihat bintang

    What's so amazing That keeps us star gazing
    What do we think we might see? --Kernit the Frog, The Rainbow Connection

    Hello Andry Setiawan ^^; bertemu lagi XD
    Okelah aku mau tanya ini saja, buku apa yang membuat anda kesal sampai tidak bisa melupakannya? yang terus membuat anda memikirkannya berhari-hari ... terimakasih atas kesempatannya :>

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Lutfi,

      Sampai saat ini ada dua serial yang membuatku tidak bisa meletakkan buku tersebut sampai selesai membacanya.
      1. Serial Harry Potter
      2. Serial A Game of Throne

      Dua buku itu benar-benar membuatku tenggelam dalam dunia mereka. Bahkan aku sempat bermimpi ikutan perang waktu sedang membaca Game of Throne.

      Salam,
      Andry

      Hapus
  13. Nama: Didi Syaputra
    Twitter: @DiddySyaputra

    Layaknya cahaya dari bintang tersebut. Saya memaknai bintang sebagai pencerah dan pelukis. Pencerah di temaramnya bumi, juga pelukisan keindahan di langit. Bagi Saya, bintang juga merupakan perlambang persatuan. Dengan jaraknya yang jauh dan nampak kecil dari bumi ia memanfaatkan persatuan untuk mencerahkan temaram kehidupan di bumi serta melukis keindahan di langit. Bintang juga melambangkan kemandirian, terbukti dengan cahaya yang dihasilkannya sendiri. Walaupun demikian, bintang tetap menjaga persatuan dan kesatuan di atas segala-galanya. So, ciptaan Allah satu ini sangat banyak mengajarkan Saya menyikapi kehidupan.

    Oea, sedikit Pertanyaan buat Mas Andry :) : "1. Bagamana reaksi Mas jika ada orang yang berkata kalau jalan cerita novel yang Mas tulis mirip atau sedikitnya memiliki kemiripan dalam tokoh dengan novel orang lain yg tidak Mas kenal? 2. Menulis pasti membutuhkan kesabaran ekstra ya kan. Nah, bagaimana caranya Mas menumbuhkan rasa sabar tersebut di dalam berkarya? 3. Penutup, hal utama yang menjadi kesan terakhir bagi pembaca di karya Mas Andry apa sih?"

    Hehe. Maaf ya Mas jika jawaban dan pertanyaan Saya sedikit rada aneh. Karena Saya sendiri suka dengan hal-hal aneh, terutama karena Saya memang aneh XD.

    Terima Kasih Mas!
    Sukse Selalu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Didi,

      1. Ada yang bilang bahwa sebuah karya tidak lagi menjadi milik pribadi penulis jika karya itu sudah diterbitkan. Dan aku setuju dengan hal tersebut. Jadi, review seperti apa pun adalah hak pembaca dan aku akan menghormati pendapat mereka.
      2. Menurutku malah yang paling dibutuhkan adalah kerangka naskah, penokohan dan plot.
      3. Nah, kalau itu harus kamu yang memberitahu aku lewat review kamu. Ditunggu ya review kesannya. ^^


      Salam,
      Andry

      Hapus
  14. Nama : Tanya Fransisca
    Twitter : TanyaFcsh_

    Bintang?
    Bintang bagi aku adalah awal sebuah pertanyaan dan jawaban yang tak berujung

    Seseorang pernah berkata ke aku kalau bintang adalah matahari matahari lain di berbagai tata surya lain
    Dan semua itu menimbulkan pertanyaan buatku
    Ada berapa banyak tata surya di jagat raya ini?
    Seluas apa alam semesta ini?
    Dan apa ada kehidupan lain di luar sana?
    Semua pertanyaan yang muncul tapi tak bisa kutemukan jawabannya
    Bahkan ilmuan pun belum menemukannya
    Ya, bintang adalah misteri
    Misteri yang hanya bisa diungkap Sang Pencipta
    Dan membuatku makin kagum dengan Sang Pencipta

    Pertanyaanya....
    Karena lagi bahas bintang, aku mau nanya pertanyaan aku yg udah aku kasih juga di atas
    Kaka percaya ada kehidupan lain di luar angkasa sana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Tanya,

      Masih belum ada orang yang membuktikan bahwa di angkasa luar tidak ada makhluk hidup. Jadi....

      Salam,
      Andry

      Hapus
  15. Nama: Evita
    Twitter: @evitta_mf

    Mau nulis jawaban jujur ah!
    Bintang itu benda langit yang udah lama banget nggak keliatan. Kayanya tiap malem natap langit pun yang ada cuma hitam doang. Dulu waktu kecil suka liat langit malam, dan indahnya memang ada bintang bertaburan. Kadang-kadang kalau pas malem ada lampu pesawat yang lagi terbang di langit, suka kepikiran itu bintang jatuh, terus langsung buat permohonan, duh saking polosnya aku yang masih anak-anak waktu itu. XD Aku juga dulu percaya kalau bintang jatuh bisa ngabulin permohonan, nah kan masih anak-anak pikiranku sama kaya buku-buku dongeng. Setelah besar, nggak percaya lagi, lah.
    Setelah dewasa, tanpa berpuitis-puitis ria, buatku bintang adalah salah satu benda langit yang memiliki cahaya sendiri. satu lagi konsep bintang yang aku suka, bintang itu seperti sebuah kesuksesan, ketika dapat bersinar terang, jangan lupa bahwa sinar terang tersebut pasti akan pudar suatu saat. Gitu aja sih. hehe
    Kapan lagi ya bisa liat banyak bintang bertaburan di langit kaya masa-masa kecil?

    Pertanyaan buat kak Andry:
    Apakah di novel selanjutnya masih tertarik menggunakan benda langit lainnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Evita,

      Tergantung tema dan konflik yang sedang aku angkat.
      Jadi, masih belum bisa mengatakan apa-apa di titik ini.
      Mungkin suatu saat di masa depan, iya.


      Salam,
      Andry

      Hapus
  16. NAMA : Mukhammad maimun Ridlo
    AKUN TWITTER : @MukhammadMaimun

    Andry Setiawan memilih bintang untuk hal penting di novel ini karena menurutnya, bintang itu romantis. Kalau menurut kalian, bintang itu apa sih? Deskripsikan bintang menurut sudut pandang kalian dong ^^!

    Menurutku, selain romantis, bintang tu adalah pengaharapan cahaya apabila malam tidak ada bulan. Dan bintang adalah tempat kita ingin menggapai cita-cita. Jadi harapan dan asaku kugantung di bintang... Gantunglah cita-citamu setinggi bintang di langit ..

    pertanyaan kepada Mas Andry Setiawan :

    Gimana sih mas cara mbangkkitin mood nulis yang sudah terlanjur down and karyanya ga pernah nembus-nembus ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai,

      Mau tetap menulis, atau menyerah adalah pilihan, bukan hal yang bisa dibangkitkan atau dibunuh begitu saja. Jika kamu sendiri sudah bertekad untuk menyerah, tidak ada yang bisa membangkitkannya. Karena yang menulis adalah kamu, bukan orang lain.

      Salam,
      Andry

      Hapus
  17. Nama : Aulia Resky
    Twitter : @AuliaaRez

    Bintang merupakan benda langit yang luar biasa. Walaupun cahayanya yang tak seterang matahari namun bintang tetap menyinari cahaya kecilnya untuk semua orang. Bintang mengingatkanku kepada Allah bahwa ia menciptakan benda-benda yang sangat luar biasa dan membuatku menjadi bersyukur akan hidup ini. Bintang juga selalu mengingatkanku mengenai kenangan-kenangan manis dan pulang. Yaa bintang seakan selalu menyuruhku untuk pulang, memperlihatkan pengharapan sosok lain yang menunggguku di rumah.

    Aku mau nanya nih kak, berhubung aku suka menulis tapi tulisan yang aku buat selalu ga selesai karena ada ide lain yang bermunculan--" Bagaimana sih kak cara kakak membuat suatu cerita hingga cerita itu benar-benar selesai dan layak untuk di baca setiap orang? Dan bagaimana cara membuat kesan yang manis bagi para pembaca kakak? Sekian, Arigatou Gozaimasu^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Aulia,

      1. Buat plot secara utuh dari awal sampai akhir.
      2. Ikuti plot tersebut, dan jangan nyeleweng ke mana-mana sampai akhir.
      3. Jika ada ide lain, tulis dulu di tempat lain dan kunjungi nanti.

      Kesan manis akan timbul jika kamu menulis dengan perasaan manis. Apa yang kamu rasakan saat menulis itulah yang akan pembaca rasakan. Kalau kamu bosan dengan tulisan kamu sendiri, pembaca juga akan bosan.

      Salam,
      Andry

      Hapus
  18. Nama: Qurrota A'yun
    Twitter: @Uyunistaff

    Bintang ya? Aku ga punya makna tersendiri tentang bintang. Tapi aku coba artiin menurut ilmiah aja, bintang itu benda langit yang punya setitik cahaya di malam hari. Dan kebanyakan orang2 suka bintang karna bentuknya mungil dan kerlap-kerlip gitu.-.

    Okepiks itu aja sih makna bintang menurutku. Dan aku mau tanya kak andry, waktu pertama kali nulis itu ada ketakutan tersendiri gak sih kak? Kaya misal takut jelek, takut banyak typo, takut ga ada yang baca, atau apa gitu? Trus waktu pertama kali nulis itu udah tau tentang Eyd dan masalah editing gak kak?
    Mohon dijawab ya kaka^^
    Arigatou..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Ayun,

      1. Takut jelek dan tidak diterima, iya. Takut typo, tidak. Karena aku berusaha mengedit naskahku sendiri sebelum aku ajukan ke penerbit.

      2. Tidak tahu EYD, tapi aku banyak membaca buku. Setidaknya aku tahu bagaimana cara menulis dialog yang benar.

      Salam,
      Andry

      Hapus
  19. Nama:Alya Nurfakhira Zahra
    Twitter: @Alyanfz

    Andry Setiawan memilih bintang untuk hal penting di novel ini karena menurutnya, bintang itu romantis. Kalau menurut kalian, bintang itu apa sih? Deskripsikan bintang menurut sudut pandang kalian dong^^!

    Bagi saya, bintang itu seperti seorang Ibu. Karena, ibulah yang akan mengulurkan tangannya ketika anaknya sedang tersesat dalam gelapnya kehidupan bagaikan bintang yang membantu perahu nelayan yang tersesat di tengah lautan Dan, Ibulah yang akan menjadi penerang untuk anaknya yang sedang mengalami gelapnya kehidupan. Orang-orang suskses tidak mungkin bisa bersinar tanpa dukungan seorang Ibu seperti bulan yang tidak akan dapat bersinar tanpa bantuan matahari—bintang di pusat tata surya.


    Pertanyaan buat Kak Andry: Sekarang sudah sangat sulit untuk mendapatkan ide yang baru karena banyak penulis yang sudah sering menggunakannya. Dan menurut Kak Andry, bagaimana caranya menyulap ide yang sudah sering digunakan tersebut menjadi lebih istimewa dibanding ide penulis lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Alya,

      Dulu aku belajar programming, dan kamu tahu sendiri programming adalah ilmu pasti. Tidak ada setengah benar, atau setengah salah. Yang ada adalah benar atau salah.

      Tapi aku ingat banget waktu dosen bilang bahwa dia pasti tahu kalau ada mahasiswa yang nyontek karena logikanya pasti sama. Menurut beliau, meskipun intinya sama, tapi logika tidak akan mungkin sama.

      Bayangkan, programming yang adalah ilmu pasti saja ada seribu satu cara untuk memecahkan sebuah masalah.

      Apalagi menulis. Aku yakin kamu punya gaya menulis kamu sendiri yang tidak akan mungkin sama dengan orang lain. Novel tidak hanya terdiri dari ide, tapi juga ada penokohan, alur, konflik, dan banyak materi lainnya. Hal-hal itulah yang harus kamu pikirkan ala diri kamu sendiri.

      Salam,
      Andry

      Hapus
  20. Nama: Aulia
    Twitter: @nunaalia

    Andry Setiawan memilih bintang untuk hal penting di novel ini karena menurutnya, bintang itu romantis. Kalau menurut kalian, bintang itu apa sih? Deskripsikan bintang menurut sudut pandang kalian dong ^^!

    Bintang itu seperti cahaya di kegelapan, sementara cahaya itu harapan. Ketika kita berada dalam kegelapan, lalu ada cahaya, walaupun setitik, itu akan memberikan kita harapan untuk melihat sekitar. Jadi Bintang pun bisa menjadi petunjuk jalan untuk kita saat tersesat.

    Pertanyaan untuk kak Andry Setiawan:
    Apa yang membuat kakak tertarik untuk menulis hingga bisa menjadi sebuah cerita yang memikat banyak orang dan memiliki novel karya sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Aulia,

      Menulis ada hobiku. Jadi menulis adalah sesuatu yang dengan senang hati aku kerjakan, tanpa ada paksaan, maupun beban.

      Salam,
      Andry

      Hapus
  21. Nama: GesthaRD
    Twitter: @AltGST

    Menurutku bintang adalah wajah alternatif dirinya yang tak mampu ku lihat secara nyata. Hanya dengan melihat bintang, segala apa yang ada dalam dirinya perlahan tampak di permukaan angkasa. Tak perlu bagiku untuk menemuinya sekadar melihat wajah manisnya. Menatap bintang daribawah ini pun, sudah lebih dari cukup bagiku ^^

    Kak Andry,1 kata tentang novelmu ini?

    BalasHapus
  22. nama : Rizki Handayani
    twitter : @yannie_minnie
    menurutku bintang adalah benda kecil yang membuat banyak orang menyukai menatap langit malam, langit malam yg berbintang akan membuat kita tentram saat menatap nya.


    kasi bocoran donk kak, naskah yg seperti apa sih yang bakalan dilirik oleh penerbit :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Rizki,

      Setiap penerbit memiliki ciri khas masing-masing.
      Jalan satu-satunya untuk mengetahui seperti apa naskah yang mereka inginkan adalah membaca buku-buku yang sudah diterbitkan oleh penerbit tersebut.

      Misalnya, kamu nggak mungkin mengirimkan naskah romance ke penerbit yang notabene menerbitkan horor.

      Jadi, banyak-banyak membaca ya.

      Salam,
      Andry

      Hapus
  23. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Link Share : https://twitter.com/n0v4ip/status/679794607530455040

    Bintang itu simbol dari sebuah harapan. Itu sebabnya ada mitos buatlah permohonan ketika bintang jatuh agar harapanmu terkabul.
    Meski saya tidak terlalu percaya dengan mitos tsb, tapi memang setiap melihat bintang yang bertaburan di langit, saya akan langsung tersenyum optimis bahkan pada sesuatu yang ntah apa... :D

    Dan pertanyaan untuk kak Andry adalah
    "Buat adegan yang romantis itu susah gak sih kak terutama saat membuat adegan romantis di novel ini...???"

    Sukses terus untuk novelnya ya :)

    Dan Terima kasih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Nova,

      Aku menulis apa yang ingin aku tulis. Masalah romantis atau enggaknya, aku rasa itu tergantung dari pembaca. Kadang ada yang malah bilang adegan romantis yang aku tulis nggak romantis sama sekali. haha.

      Salam,
      Andry

      Hapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Akun twitter : @Agatha_AVM

    Bintang adalah sahabat sejatiku. Aku sedih dan bahagia, dia selalu ada di sisiku. Tidak pernah mengharapkan pamrih dan tulus. Bintang selalu memberikan senyuman terindah dengan kerlipan cahayanya. Dia juga tidak pernah bosan bersinar di kala mendung mulai menyapanya hendak merebut posisinya. Tenang bintang, kau tidak akan tergantikan di hatiku. Hai ... Sahabat Sejati.

    Pertanyaan untuk Kak Andry :
    1. Kakak nggak mau mencoba untuk mencoba genre-genre baru lainnya, misalnya aja sih psycho-thriller?

    2. Kak Andry, sebagai penerjemah juga, apakah Kak Andry tidak ingin menguasai berbagai macam bahasa?

    3. Pernah nggak kak ngalamin writer block sehingga jadi stuck selama beberapa bulan atau tahun dengan ide yang sama? Bukan karena writer block kan, naskah When The Star Falls terbengkalai selama 8 tahun dan hanya karena ditolak oleh penerbit kan?

    Makasih ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Agatha,

      1. Mau, tapi masih belum berani.
      2. Mau, tapi males belajar lagi. Sementara sudah dulu dengan bahasa Jepang.
      3. Tidak pernah kalau selama itu. WTSF stuck karena aku malas revisi aja, dan baru muncul keinginan revisi saat merasa tertantang dengan GWP. Sayangnya tidak bisa tembus. T.T

      Salam,
      Andry

      Hapus
  27. Nama: Rika Awanti
    Twitter: @rikaaawan

    menurutku Bintang itu sangat meninspirasi untukku. Jujur bintang banyak membantuku menulis, senang juga mendeskripsikan bintang dan cari2 filosofi bintang gitu hehe sampai2 aku pernah menulis tentang ramalan bintang. Serius itu menantang tetapi juga seru. Ya intinya, aku sangat menyukai bintang krn meninspirasi, selain itu bintang juga sangat menyenangkan. Menghitung banyak bintang juga seru kok hehe

    Untuk pertanyaannya, aku ingin tahu masukan dari kakak, misalnya kita menulis satu buah cerita, tiba-tiba kita mendapat ide baru. Salah nggak kalau kita tulis ide barunya dan meninggalkan yang sedang ditulis? Atau baiknya seperti apa yaa?

    Terima kasih, Kak.

    BalasHapus
  28. Hai Rika,

    Kalau aku, aku tidak akan meninggalkan naskah. Selesaikan naskah yang lama dulu, baru mengunjungi ide yang baru. Ide barunya aku catat di notes agar tidak lupa.

    Salam,
    Andry

    BalasHapus
  29. Nama: Thia Amelia
    Twitter: @Thia1498

    Andry Setiawan memilih bintang untuk hal penting di novel ini karena menurutnya, bintang itu romantis. Kalau menurut kalian, bintang itu apa sih? Deskripsikan bintang menurut sudut pandang kalian dong ^^!

    Bintang itu indah. Ialah, siapa yang bilang bahwa bintang itu jelek. Hehe.. menurut sudut pandangku, bintang itu indah. Ga ada lagi kata yang bisa aku gunain untuk mendeskripsikan bagaimana bintang itu. Benda langit yang bisa bersinar sendiri, tidak egois dengan membagi cahayanya kepada bulan, dan menjadi penghias malam yang gelap. Apalagi, dengan berbagai mitos yang tersebar bahwa harapan kita akan terkabul saat ada bintang jatuh, dan ketika bintang itu jatuh, ia tidak akan menyakiti bumi. Bintang indah karena semua yang ia miliki, karena sifat yang ia punya dank arena segala yang ia punya. Bukan hanya cahayanya yang membuat nya indah, karena sifatnya yang tidak egois dengan saling berbagi. Banyak yang dapat dipelajari dari bintang, walaupun ia bukan manusia, hanya benda langit.

    Ketika melihat reviewnya, aku juga agak aneh dengan nama-nama yang ka Andry pilih, yahh ga terlalu sesuai lah dengan latar tempat nya. Jadi perntanyaanku, kenapa kakak memilih nama-nama itu? Adakah sesuatu yang special?

    BalasHapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS