[Blogtour] Review P.S. I Still Love You by Jenny Han

Sabtu, 17 Oktober 2015


Blogtour P.S. I Still Love You kedua! Yap, blogku dapat jadwal ke dua setelah kak Biondy yang bisa di cek di sini. Review ini adalah pembuka Blogtour di blog ku ^^, nanti akan ada postingan tersendiri untuk Giveaway. Jadi, mari menyimak reviewku tentang P.S. I Still Love You :



Judul : P.S. I Still Love You
Penulis : Jenny Han
Penerjemah : Airien Kusumawardani
Penyunting : Selsa Chintya
Proofreader : Titish A.K.
Ilustrasi Isi : @Teguhra
Terbit : Cetakan pertama, September 2015
Tebal : 356hlm;20cm
Harga : Rp77.000
ISBN : 978-602-71505-3-9
Bisa dibeli di : Bukupedia

Blurb :

Lara Jean tidak mengira akanbenar-benar jatuh cinta pada Peter. 
Dia dan Peter tadinya hanya berpura-pura.Tapi tiba-tiba saja mereka tidak lagi pura-pura.Sekarang, Lara Jean tambah bingung dengan perasaannya danjuga dengan situasi yang dia hadapi. 
Saat seorang pemuda dari masa lalunya tiba-tiba kembali ke dalam kehidupannya, percikan yangpernah dia rasakan pun kembali.Bisakah seorang gadis jatuh cinta pada dua pemuda sekaligus? 
Buku ini adalah sekuel dariTo All the Boys I’ve Loved Before, tempat kita bisamerasakan cinta pertama lewat Lara Jean. 
Cinta tidak pernah mudah,tapi mungkin itulah yang membuatnya luar biasa.



Berawal dari sebuah kepura-puraan, tanpa disadari perasaan keduanya sudah tak lagi berpura-pura. Lara Jean dan Peter Kavinsky awalnya memulai hubungan mereka karena sebuah insiden surat. Lara Jean yang tak ingin menanggung malu, serta Peter Kavinsky yang ingin menghindari dan membuat cemburu sang mantan. Namun, tanpa dapat ditahan, Lara Jean akhirnya kembali jatuh dalam pesona Peter Kavinsky. Mereka berdua pun sepakat memulai semuanya dari awal, mengubah kepura-puraan itu menjadi sebuah hubungan sesungguhnya.

Hubungan 'sungguhan' mereka berjalan dengan lancar, sebenarnya tidak jauh beda dengan hubungan mereka sebelumnya, namun kali ini terasa lebih manis. Peter Kavinsky terlihat lebih manis! Ia menunjukkan sisi dirinya yang membutuhkan perhatian dari sang kekasih, Lara Jean. Namun, bukan menjadi rahasia lagi kan bahwa di sebuah hubungan pasti akan muncul permasalahan yang akan merenggangkan hubungan tersebut? Jadi bagaimana cara keduanya mempertahankan hubungan mereka? Dan kalian pasti sudah sering mendengar bahwa mempertahankan itu lebih sulit daripada membangun atau memulai sesuatu yang baru?


Melanjutkan cerita dari buku sebelumnya yang menurut saya benar-benar 'menggantung'. Konflik utama pada P.S. I Still Love You ini adalah beredarnya sebuah video yang menghebohkan, video tersebut menampilkan salah satu adegan pada buku pertama. Untuk kalian yang sudah membaca To All the Boys I've Loved Before, mungkin sudah bisa menebak adegan apa yang ada pada video tersebut. Video yang menampilkan Lara Jean dan Peter Kavinsky di dalamnya benar-benar membuat keduanya kaget, bahkan bisa dikatakan juga tertekan. Seisi sekolah pun heboh dengan video tersebut, bukan hanya murid bahkan guru pun ikut dihebohkan! 

Belum lagi dengan munculnya John Amborse McClaren --atau akrab disapa Johnny-- seorang 'teman' dari masalalu yang juga salah satu penerima surat Lara Jean. Juga tentang Peter yang kembali dekat dengan sang mantan, Genevieve. Lalu, bagaimana kelanjutan hubungan Peter dan Lara Jean?


Penantian selama beberapa bulan akhirnya terbayargkan karena Penerbit Spring akhirnya menerbitkan sekuel dari To All the Boys I've Loved Before. Akar dari permasalahan utama buku ini ada di buku pertama, pada beberapa lembar sebelum ending TATBILB. Jadi, memang lebih baik jika membaca buku pertamanya dulu sebelum membaca sekuel ini. Saya sangat menunggu Young Adult ini. Romance di buku ini lebih dapat! Lebih manis dari buku pertamanya. 

Tapi, biarpun punya sikap yang lebih manis di buku ini, rasanya saya kurang gimana gitu sama karakter Peter. Saya juga kehilangan sosok Josh Sanderson di buku ini, padahal di buku pertama saya cukup suka dengan dia. Lalu untuk Lara Jean, entah ini hanya perasaanku saja atau memang dia serasa egois di sini, atau mungkin itu karena Peter Kavinsky sudah resmi menjadi pacarnya? Entahlah, namun kurasa Lara Jean di sini tampak egois, selain itu dia juga lebih emosional.




Untuk yang baru muncul di buku ini, yaitu John Amborse McClaren saya benar-benar suka! Jenny Han berhasil membuat saya menyukai sosok Johnny ini dengan kesan pertama yang sangat baik. Oke, katakanlah bahwa saya labil, di buku pertama saya suka Josh, di awal buku ini saya suka Peter, dan saat sosok Johnny muncul saya malah suka dia! Hhmmm tapi serius, Johnny ini lebih seru orangnya, lebih asyik gitu, tahu gimana caranya memperlakukan seorang gadis.

Dan sekali lagi, sama seperti untuk cover To All the Boys I've Loved Before, saya ingin berterima kasih kepada Penerbit Spring yang mempertahankan cover aslinya! Manis banget! 

Untuk keseluruhan cerita saya suka, konfliknya seru. Saya jadi penasaran gimana kisah selanjutnya kisah percintaan untuk Margot (Gogo) yang sedang merantau menuntut ilmu, bagaimana juga dengan Kitty yang sudah mulai remaja dan duh teteup menggemaskan! Kitty ini bikin cerita lebih berwarna hihi. Namun, saya kurang puas dengan ending, saya merasa kurang greget gitu, saya mau ending yang lebih 'waw' gitu *tipe pembaca banyak mau*.  

Oke, segitu dulu untuk reviewnya (ini reviewnya dibikinin Photo Quotes, biasanya cuma kutipannya yang ditulis >,< hoho daku udah lumayan tahu buat Photo Quotes, yeaay!)  :D Pokoknya yang suka baca Young Adult, saya menyarankan untuk membaca To All the Boys I've Loved Before dan P.S. I Still Love You.  Saya sudah baca keduanya dan rasanya pengin baca ulang lagi.

Btw, sudah ada info untuk buku terbaru Penerbit Spring, judulnya "Attachments by Rainbow Rowell" . Gimana? Udah tak sabar kan dengan buku terbaru? Jadi mari baca P.S. I Still Love You dulu sambil menunggu buku terbaru Penerbit Spring terbit^^

Sudah membaca review? Kalau begitu mari kunjungi Giveaway P.S. I Still Love You 

38 komentar:

  1. Gilaaa, di bayanganku yang jadi Peter Kavinsky itu Manu Rios :3 Jadi, berasa gimana gitu kalo bayangin Manu romantis-romantisan. hahaha :D

    BalasHapus
  2. Kicom.... huwaaaa, aku pasti tau video soal apa, ada bocoran juga John Ambrose McClaren ini emang bakal datang, dulu di buku pertama dia selewat aja kan? Hmm, kirain Kenny yang dari perkemahan musim panas yang bakal datang, bener kata kamu, ceritanya kudu disambung sama buku ini!

    Must read the book!!!

    BalasHapus
  3. Iya, Lara Jean emang jadi lebih egois. Tapi, menurutku itu karena dia udah bisa mempertahankan kemauan. Yah, karena dia bisa jadi pacar Peter juga sih, jadi lebih banyak belajar buat pede.
    Di awal buku pertama aku suka Josh. Tengah-tengah mulai suka Peter, sampai sekarang masih Peter. Josh lebih kayak sahabat-able. Kalau Johnny, terlalu dewasa. *ketauan sukanya sama bocah* :D

    BalasHapus
  4. "Tapi mungkin suatu hari nanti waktu akan berpihak pada kita" kaya-kata yg begitu menyentuh T_T

    Aku pingin banget buku ini. Aku suka banget quotes dari buku ini keren-keren. Gak semua novel memiliki quotes yg brgitu menyentuh seperti yg ada dinovel ini ^^

    Terus berkaryaaa jenny Han!!!!!

    BalasHapus
  5. Waduhhh ,,, Sama-sama terjebak di masa lalu. Tapi, baca photo quotesnya kakak yang "Tapi mungkin suatu hari nanti waktu berpihak pada kita" (benar-benar harus diperjuangkan ya segalanya). Ternyata pepatah tentang biarkan cinta mengalir begitu saja dan perasaan cinta pasti akan tercipta kalau terus bersama-sama serta hidup berdampingan. Ah ... Jadi, kepingin baca novelnyaaaa. Cinta itu berwarna bangettss ya? :)

    BalasHapus
  6. Sudah dari buku pertama pengen baca. Berhubung susahnya minta ampun (atau memang ketinggalan stok di toko buku terdekat. Hihihihi), akhirnya sampai hari ini masih terjebak sama tebak-tebakan bagaimana jalan ceritanya versi imaginasiku. Hihihi..

    Semoga akhirnya nanti bisa baca dua bukunya. Hihiihh..

    Nice story kayaknya, dan paling suka quote "Cinta tidak pernah mudah,tapi mungkin itulah yang membuatnya luar biasa'

    BalasHapus
  7. Buku ini memang lebih ditunggu-tunggu kehadirannya dibanding buku yang sebelumnya. Memang faktor 'gantung' di ending yang sebelumnya itu bikin... uuuggghhh~ tapi dengan hadirnya buku ini jadi sangat terobati sekaligus dipuaskan dengan roman yang sesungguhnya. Selain itu banyak konflik yang hadir ya. Jadi tambah seru deh. Jadi penasaran apakah tokoh Kitty masih jadi tokoh favoritku nggak ya di buku ini? :D

    BalasHapus
  8. "Tidak seorang pun bisa menyukai siapapun dengan kadar yang sama persis"

    tapi aku ingin mencintai dua orang yang berbeda dengan kadar yang sangat persis.. hadeeeeh ini novel bikin baper deh.. baca review nya aja udah bikin ngenes.. huaaaa

    BalasHapus
  9. aaahhhhh quote nya bener2 bikin mupeng banget pengin bacaaaaa >_<

    BalasHapus
  10. Aku penasaran -,- kenapa banyak yang jatuh cinta dengan Peter ya? Aku juga pengin dong jatuh cinta sama karakter-karakter di novel ini. Biar bisa jadi bahan bikin pm bbm kayak orang-orang gitu. Pura-puranya lagi jatuh cinta sama tokoh nyata, eh padahal tokoh dalam novel. Aaak aku pengin bacaaa. Udah 2 tahun nggak pernah jatuh cinta nih. Haha malah curhat. :D

    BalasHapus
  11. pengen nambah koleksi buku ini T.T

    BalasHapus
  12. Judul terasa noted buat mantan kekasih nih :D
    Kayaknya ceritanya bagus, tapi aku belum pernah baca buku pertamanya ;)
    Tapi setuju untuk covernya bagus, langsung menarik perhatian mata ...

    BalasHapus
  13. Kiii, kenapa reviewmu bikin greget yaaa? Duuh, jadi pengin punyaaaa >< Dan, hei quotes-nya kok ngena yaa? Hemm

    BalasHapus
  14. Jadi, di novel yang ini lebih fokus ke kisah Lara Jean cowok dalam suratnya aja yaa.. Padahal lumayan pengen tahu juga kisah selanjutnya antara Margot ma Josh.. Oh iya, ada tokoh baru yaa.. Lebih keren dari Peter gak ? ^_^))">

    BalasHapus
  15. melihat sinopsisnya cerita ini sedikit rumit, lara dan peter pura2 pacaran akhirnya punya rasa beneran "karena cinta datang karena terbiasa"...

    kemudian datang wanita masa lalu peter, "Masa lalu biarlah masa lalu, mengungkitnya kembali sama tak akan pernah mengubah alur", seperti kita membeli sebuah kalung, tiba2 rantainya putus. kemudian ada kalung yang sama lagi dan kita berbiat membeli lagi. yang akan pasti rantainya akan putus lagi. karena kalung itu bermerk sama.

    BalasHapus
  16. menurutku reviewnya diatas membuat saya semakin penasaran.Bukan kisah lara jean yang membuat penasaran tapi tentang video dan tokoh Jhonny.Tokoh yang sebelumnya JOsh tidak terlalu ditampilkan?menurutku membuat kisah ini agak kurang. tapi,overall quote dan cuplikan kisah buku kedua ini membuat tambah penasaran. Lara dianggap egois ???mungkin posesif kali ya.makasih

    BalasHapus
  17. Ah, aku belum baca buku pertamanya sejujurnya. Waktu baca review di atas malah makin penasaran sama buku pertama dan buku keduanya sekaligus.

    Dulu, aku nggak mau baca karna nggak mau dibikin penasaran. Hehehehehe. Jadi nunggu buku kedua deh biar bacanya maraton.

    BalasHapus
  18. AKu uda punya buku pertama, cuma belon dibaca :(
    fyi, buku pertama punyaku yang versi international (a.k.a english)
    Kalo buku2 english gitu, aku ga begitu berani beli yang terjemahaan indo (pengalaman buruk: gaya terjemahannya kaku bener)
    Tapi kemaren aku jalan2 ke gramed, liat buku pertama (TATBILB) dan sempet liat beberapa halaman.
    Hasilnya: ngga kaku sama skelai!
    Sayangnya aku uda beli yang english, dan... buku kedua masi diwishlist
    seneng banget pas denger kalo diterjemahin haru.
    Review kamu bikin tambah penasaran!

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. "Kalau cinta itu seperti ini, tidak terimakasih. aku tidak mau jadi bagian di dalamnya"

    Astaga >.< Kenapa ini seakan menyindirku -_- tapi kenapa malah suka sama kata-kata ini?? *aneh. Ini beneran buku keduanya?? Jadi pingin yang pertama... aku penasaran sama ceritanya >.<

    BalasHapus
  21. Mau, mau, mau Peter sama novel PS I Still Love You xD hehe. barang kali setelah baca ini muncul tokoh Peter yang sebenarnya di dunia nyata. Btw aku juga udah baca reviewmu yang To All The Boys loh, smoga aku beruntung deh

    BalasHapus
  22. Akhirnya segera terjawab juga rasa penasaran terhadap kelanjutan kisah Lara di To All The Boys I've Loved Before. Perilisan buku P.S.I Still Love You ini bagaikan air di padang gurun. Bisa menghapuskan rasa dahaga orang-orang yang sudah penasaran. Terima kasih Spring.:)

    BalasHapus
  23. Saat Spring mengumumkan rencana menerbitkan P.S.I Still Love You ini, asli di rumah udah teriak-teriak kegirangan aja. Ga nyangka Spring bakal menerbitkan buku ini dalam waktu yang bisa dibilang cepet. Ga usah pake lama lagi nungguin Lara Jean.*
    Ga hanya itu, Spring juga ngadain giveaway di banyak blog buat ngasih hadiah buku ini.
    *Peluk-peluk Spring.
    Semoga bisa beruntung mendapatkan buku kece ini dalam rangkaian giveawaynya.
    (setuju dengan yang empunya blog,ga cukup kl hanya dibaca sekali ^^)

    BalasHapus
  24. pengen bacaaa belom ada di toko buku:((

    BalasHapus
  25. haiiishhh! belum pernah baca buku 1-nya, yg ini udah bikin penasaran!! harus berburu niy!

    BalasHapus
  26. Ki, saya belum pernah baca bukunya karena itu saya penasaran. Hihii. Menurut orang-orang ceritanya bagus.....

    BalasHapus
  27. Uwooow :D Jadi semakin penasaran sama kelanjutan ceritanay di buku P.S. I Still Love You ini. Tapi masa sih Lara Jean jadi egois? Peter yang sabar aja yaaa :)

    BalasHapus
  28. Boleh ga aku bawa Johnny hehehe~
    Reviewnya bikin aku gregetan deh! jadi pengen bacanya >_<

    BalasHapus
  29. Dari komentar dan review blogger buku, novel ini sepertinya memang layak untuk dibaca. Mengusung ttg kisah cinta anak anak remaja, aaaa....... penasaran banget. Dan penasaran juga untuk kelanjutan kisah lara jean & peter, dimana yg dulunya udah mantan kembali lagi menjadi pacar. Oiya, cuman mau kasih sedikit komen ada nih kak, buat kalimat yg 'Lara Jean terlihat menjadi lebih emosional.' Menurutku sih, ya, bisa saja, orang yang pernah kehilangan, tentu tidak ingin mendapatkan hal yang sama untuk kesekian kalinya. Dan untuk mempertahankan hal itu, mungkin akan muncul suatu sikap yg sebenarnya justru membuat orang lain agak terganggu. Yah, mungkin memang manusiawi ya,kalau org yg udah terlanjur sayang bakal ngelakuin apa aja^^

    BalasHapus
  30. Jadi cara Lara Jean jatuh cinta pada dua orang kayak gitu? Ada kesamaan denganku, sama sama cinta karena waktu. Kalau Jean kan masa lalu yang datang, aku masa depan yang datang tapi masa lalu belum dilupain.. *dilarang curcol disini! Lupakn*

    Jawab perranyaan GA baru baca review -_- sori...

    BalasHapus
  31. duh, aku lupa sama videonya :D hehe.. kayaknya harus baca ulang nih:D Wah.. jadi Johnny yg bakal muncul di buku kedua, aku semakin penasaran semenarik apa sih sampe kakak suka dia dan berpaling dari Peter :D endingnya nggantung lagi kah?
    oiya, ngomong2 photo quotesnya bagus kak^^

    BalasHapus
  32. wah sekuelnya To All the Boys I've Loved Before <3 banyak sosok baruuuuuuu. pasti lebih greget:3 terus kenapa sosok johnny yang baru muncul dapat dengan mudah disukai pembaca? reviewnya tambah buat penasaran kisah lara jean sama peter yang masih berlanjut!!!

    BalasHapus
  33. Dan saya salpok ke review covernya >,<
    Entah yah, dari dulu kurang suka sama cover novel yg berwujud manusia gini. Saya lebih suka kalo berwujud cartoon begitu. Itu aja sih hheehe

    BalasHapus
  34. P. S. I Still Love You bener2 ngebuat penasaran. Saya sebenernya penasaran dengan konflik saat Peter ngelindungin Lara dari penyebaran video tentang dirinya. Kan cerita orang yang tadinya ga beneran suka dan akhirnya ngebelain pacar pura-puranya selalu menarik untuk diikutin :D

    BalasHapus
  35. Memang sekuel dari TATBILB ini sangat dinanti, dan membaca reviewnya satu demi satu darip para bloghost ini sedikit banyak memberikan gambaran dari kelanjutan kisah cinta Peter dan Jean dan ketika fikriah mengatakan kurang puas dengan ending, disitu saya merasa bingung :D seperti apa sih endingnya nanti? oke, sungguh mati aku jadi penasaran :D

    Terima Kasih untuk review nya ya ^^

    BalasHapus
  36. IYA EMANG BUKU PERTAMANYA MENGGANTUNG SEKALI!! /ditabok karena capslock jebol/ tapi jujur nih, dibanding Lara-Peter, saya malah lebih penasaran gimana hubungan Josh sama Margot ya :) mungkin karena hubungan Lara-Peter semacem udah bisa ditebak, sementara Margot-Josh lah yang hubungannya masih abu-abu(???)

    Dan, DUHH~ saya telat ikutan daftar blog tournya kemarena karena kesibukan RL.Padahal penasaran sampe nungging gimana kelanjutan ceritanyać…”sementara agak susah memasukkan buku ini dalam list beli buku sampai tahun depan karena ada banyak buku yang sudah antri untuk dibeli sampai desember nanti /kembali nungging/

    LEMME WIN THIS BOOK!! /lalu mulai bertapa dan pergi ke dukun/

    BalasHapus
  37. Aku baca review diatas jadi tambah penasaran deh dan nggak sabar tuk baca bukunya.

    BalasHapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS