[Review] The Chronicles of Audy 4/4 by Orizuka

Rabu, 17 Juni 2015


Judul : The Chronicles of Audy 4/4
Penulis : Orizuka
Penerbit : Haru
Penyunting : Yuli Yono
Cover desainer dan ilustrator : Bambang 'Bambi' Gunawan
Proofreader : KP Januwarsi
Harga : Rp.59.000
ISBN : 978-602-7742-53-6
Terbit : Juni 2015
Tebal : 314 Halaman ; 19cm
BLURB:
Hai. Namaku Audy.Umurku masih 22 tahun. 
Hidupku tadinya biasa-biasa saja,sampai aku memutuskan untuk bekerja di rumah 4R dan jatuh hati pada salah seorang di antaranya. 
Kuakui aku bertingkah (super) norak soal ini,tapi kenapa dia malah kelihatan santai-santai saja?Setengah mati aku berusaha jadi layak untuknya, tapi dia bahkan tidak peduli! 
Di saat aku sedang dipusingkan oleh masalah percintaan ini,seperti biasa, muncul masalah lainnya.
Tahu-tahu saja, keluarga ini berada di ambang perpisahan!
Aku tidak ingin mereka tercerai-berai, tapi aku bisa apa? 
Ini, adalah kronik dari kehidupanku yang masih saja ribet.Kronik dari seorang Audy.

The Chronicles of Audy 4/4, merupakan buku ketiga dari seri The Chronicles of Audy karya Orizuka. Seri pertamanya sendiri, yaitu The Chronicles of Audy 4R terbit pada Juli 2013, disusul dengan seri kedua yaitu The Chronicles of Audy 21 yang terbit setahun setelanya, Juli 2014.


The Chronicles of Audy 4/4 masih menceritakan tentang kronik kehidupan seorang Audy Nagisa yang sepertinya bertambah ribet, dengan skripsinya yang belum juga selesai, juga beberapa masalah yang menimpah 4R.

Pada awal cerita, kita kembali akan bertemu dengan Audy yang akan menjelaskan kembali bagaimana dia bisa ada di kondisi seperti sekarang -ya, seperti awalnya yang dijebak oleh Regan dan dijadikan pembantu, padahal awalnya Audy hanya akan bekerja sebagai babysitter si bungsu Rafael- 


"Cinta membuat orang tergenius sekalipun menjadi gila, ingat?" - halaman 20
Masih juga menyangkut kisah cinta Audy yang juga semakin rumit, dan menjadi salah satu hal paling penting di buku ketiga ini. 

"Kapan kamu mau selesai skripsi kalau terus-terusan begini?" - halaman 26
Skripsi Audy akhirnya mengalami perkembangan jika dibandingkan dengan dua buku sebelumnya. Rex cukup memiliki andil dalam hal ini, ya masih ingat kan dengan janji Rex di buku sebelumnya yang akan membantu Audy dalam mengerjakan skripsi? Bahkan di buku ketiga ini, Rex sudah seperti maniak skripsi yang selalu menanyakan perkembangan skripsi Audy.


"Dari awal, Rex berjalan sendirian. Regan punya ayahnya, Romeo punya ibunya. Begitu Rafael lahir, Rafael punya semuanya," kata Maura lagi. 
"Tapi Rex, Rex selalu sendirian. Nggak ada yang benar-benar memahaminya."  - halaman 166
Di buku ketiga ini, bisa dikatakan semua orang punya masalahnya masing-masing. Masalah Audy dengan (masih) skripsinya juga masalah hatinya. Masalah Rafael dengan sekolahnya. Romeo dengan beberapa traumanya yang kemudian terungkap oleh Audy. Rex dengan rencana masa depannya. Juga Regan sebagai kepala keluarga yang punya masalah sendiri. Ya mereka semua punya masalahnya sendiri di buku ini, namun saya nggak akan memberi tahukan masalah itu sebab itu sama halnya dengan spoiler.

"Kamu tahu kan, kalau kamu lagi stres kamu selalu bisa datang ke aku." - Romeo, halaman 189
Ya, Romeo tampil banyak di buku ketiga ini. Di buku kedua Romeo punya waktu bersama Audy dengan bermain helo game tembak pantat Alien x) . Di buku ketiga ini, Romeo dan Audy punya game baru, yaitu The Sims. Selain itu, memang di buku ketiga ini kita akan mendapatkan banyak bagian Romeo, menggantikan Regan yang sudah jarang terlihat karena mengurus pernikahannya. Jadi buat #TeamRomeo yuk segera beli buku ketiga ini ^^!

"Aku cuma pengin kami terus seperti ini, hidup bahagia, bareng-bareng, selamanya." - Romeo
Seperti yang ada di blurb, yaitu 4R yang berada di ambang perpisahan. Bisa dikatakan ini adalah konflik utama di buku ini -selain masalah Audy dan hatinya- 


"Mungkin Mbak nggak sepenting yang Mbak pikir." - Ajeng
Ingat Ajeng? Itu lho saingannya Rex dalam pelajaran sekaligus orang yang suka sama Rex! Dia muncul di sini dan bikin greget minta ditabok! Ajeng di sini sok banget seriusan, padahal dia munculnya cuma sekali kalau aku nggak salah ingat~

"Aku cuma nggak peduli tempat kita tinggal, yang terpenting aku tahu ke mana harus pulang" - Rex, halaman 287
Menurut saya sendiri, buku ketiga ini lebih seru dibanding dua buku sebelumnya. Konflik dalam buku ketiga ini terbilang cukup banyak dan juga seru menguras emosi.

Karakter, saya sedikit jengkel dengan tingkah Audy di sini, serius Audy bikin greget gitu. Dia juga di sini suka membandingkan dirinya dengan Rex, suka mau menyamakan kualitas dirinya dan Rex, tapi Audy setiap berada di dekat Rex pasti suka ngerasain kupu-kupu yang berterbangan (ngertilah orang jatuh cinta).

Regan di sini jarang muncul yea, tapi tetap dia bersikap dewasa dan tentunya masih cakep. 

Romeo, ya seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa Romeo tampil banyak di buku ini, Romeo bisa dikatakan semakin dekat dengan Audy, dan tingkah Romeo membuatku ingin menjadi Julietnya, serius! di buku ini dia gemesin banget. Ada satu bagian, yang di situ Romeo ngucapin sebuah kalimat yang errrr... di situ aku tahu kalau Romeo udah berhasil mengambil hatiku! Aku menyukai Romeo di Audy 4/4 ini! 

Rex, nah ini dia! Rex di sini rada menjengkelkan (banget malah) tapi di sini dia juga mulai dewasa. Ya seperti pendapat Missy, saya juga mau nabok Rex si bocah kampret ini! Duh Audy, ayolah coba hilangkan kupu-kupu itu saat bertemu dengan Rex~ Ya saya sebenarnya #TeamRex, tapi di buku ini Rex nya rada bijeng (read : bikin jengkel) gitu :(

Rafael! Rafael duh dek Rafa sayang kamu kok makin unyu? Rafa di sini semakin manis, selalu ingin ada di dekat Audy, kalau sehari aja Audy nggak ke rumah 4R, pasti Rafa udah nyariin. Terus yang buat aku sayang banget sama Rafa adalah dianya menunjukkan banyak sikap gemesin! Contohnya saat Rafa bermain tanah di sekolahnya hanya untuk mencari cacing agar tanaman Mawar yang tumbuh di bawah jendela kamar Regan bisa tumbuh dengan subur. Astaga lihatlah betapa polosnya Rafa untuk masalah Mawar itu!

Selain itu, juga muncul satu karakter baru yang hanya lewat sekilas~

Alur, alurnya berjalan lancar. Banyak hal-hal lucu yang membuat saya tersenyum sendiri saat membacanya, juga ada bagian yang membuat saya terharu hingga menangis! Pokoknya Audy 4/4 ini memang membuat perasaan kita berubah-ubah!

Cover, waktu Haru ngumumin cover The Chronicles of Audy 4/4 ini, saya langsung mikir "INI KOK TEMANYA NIKAHAN GITU?!" dan di situ langsung kepikiran siapa yang nikah? jadi saya nge-zoom-zoom cover Audy Book 3 ini, dan nemu fakta bahwa 'cuma' Regan yang makai tuxedo~ Dan di situ saya langsung mikir kalau yang nikah itu Mas Regan dan Mbak Maura. Terus warna temanya yaitu ungu, saya juga langsung nyadar kalau Merah (Audy4R) dan Biru (Audy21) kalau dicampur itu ngehasilin warna ungu~

Tentang OWL Book Store dan 21 pembeli pertama, sungguh greget lah diriku saat mengetahui ada Free 21 Bookmark set Audy 4/4 untuk 21 pembeli pertama :

Di situ langsung errrr... ini Owl Book Store tau banget bikin orang galau! Tapi saya tetep ikutan ProOrder dan Alhamdulillah termasuk 21 pembeli pertama!




Nah, foto di atas itu adalah paketan yang diantarkan oleh kurir JNE tadi malam, sungguh kagetlah saya waktu ngelihat bookmark set Audy4R dan Audy21! Soalnya kan di emailnya cuma dikatakan bahwa bonusnya hanya Bookmark set Audy 4/4~ Dan setelah saya cek di akun twitter beberapa 21 pembeli pertama lainnya, ternyata mereka juga dapat bookmark set Aud4R dan Audy21. 

Ending, endingnya astaga KU GREGET DENGAN ENDINGNYA! Buku Audy 4/4 ini ditutup dengan manis sekaligus membuat penasaran ^^. Serius, saya sangat berharap akan ada The Chronicles of Audy Book 4! soalnya masih ada hal yang harus diselesaikan. Nggak mau tau! kak Orizuka, pokoknya harus ada buku keempat ya ;)

Jadi, apa sebenarnya yang membuat 4R ada di ambang perpisahan? Sanggupkah mereka mempertahankan keluarga tersebut?

Jadi yang udah baca Audy4R dan Audy21 pokoknya wajib baca Audy4/4! soalnya di Audy 4/4 ini cerita dan konfliknya makin seru~ 4R nya juga makin makin makin gimana gitu, jadi pengen culik mereka tau!~ Terus yang belum baca Audy4R dan Audy21, yuk kalian kenalan dengan 4R1A, dijamin nggak akan nyesal deh, serius! 
Dan setelah memperhatikan semua bookmark, saya baru nyadar kalau TERNYATA REGAN BENAR-BENAR YANG PALING CAKEP! terus alisnya Rex nggak nahan banget~

Saya kok jadi labil ya di Audy 4/4 ini? Antara mau bertahan di #TeamRex atau pindah ke #TeamRomeo. Soalnya ada banyak bagian yang Rex jengkelin dan minta ditabok banget :))!

Buat kak Orizuka, tahun depan (seperti jadwal sebelumnya, yaitu pertengahan tahun) tapi kalau bisa sih secepatnya ditunggu buku keempatnya!

*p.s : kalau mandang tumbler merchandisenya, jadi ingat tumbler Pororo yang suka dipakai sama Romeo!

Buku The Chronicles of Audy 4/4 bisa dibeli di :

(Owl Book Store : Rp.50.150)

RATING : 5 of 5


*Review ini diikutkan dalam Tantangan Membaca Haru

=Fikriah Azhari, 16 Juni 2015=

9 komentar:

  1. Sebenernya buku seri ini sudah masuk wishlist sejak lama. Tapi ya itu, maju mundur pas ada uangnya buat beli :")) *dilema yang gak penting banget ini*

    Tapi baca review kamu, aku jadi penasaran banget sama seri ini. Mungkin belinya pas tahun depan aja deh, biar bisa langsung baca Marathon :"))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi seri The Chronicles of Audy emang ngegoda banget kak :D buku ketiga ini ngebuat nano-nano! Antara mau tetep ada di #TeamRex atau beralih ke #TeamRomeo~ Hihi semoga secepatnya ada seri keempat~ Yuk kenalan sama 4R nan cakep dan bikin greget~

      Hapus
    2. telat dapat info novel secakep ini.
      sebenarnya awal baca 4R ga semangat. eh setelah dilanjuti malah nagih. sekarang uda selesai baca 21 dan ini lagi mau baca yg 4/4. penasaran habis....

      Hapus
  2. kalau mau dapet kartunya itu gimana sih! pingin :(

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. *Tosss* #TeamRex #TeamAnakLabil. Ya, saya juga berpendapat bahwa Audy di buku ini 'terlalu' Mode On >,< tapi ungkin itu untuk pendalaman karakter agar itu mengetahui gimana seorang Audy Nagisa terhadap perasaannya terhadap Rex Rashad. Intinya, mari menunggu buku keempatnya tahun depan!

      Hapus
  5. tos dulu dong~ #teamRex
    Memang di buku ini baik Audy maupun Rex menyebalkan. Pendapat saya Audy ini kayak cewek kagetelan, tahulah dia sedang jatuh cinta tapi saya pribadi merasa dia gak bertindak sesuai umurnya.

    Rafa dan Romeo selalu gemesin, tapi saya tetep berharap Audy jadian aja sama Rex. Lalu Missy dengan Romeo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. *Tosss* #TeamRex #TeamAnakLabil. Ya, saya juga berpendapat bahwa Audy di buku ini 'terlalu' Mode On >,< tapi ungkin itu untuk pendalaman karakter agar itu mengetahui gimana seorang Audy Nagisa terhadap perasaannya terhadap Rex Rashad. Intinya, mari menunggu buku keempatnya tahun depan! Intinya, tetap menunggu berbagai kejutan yang akan diberikan kak Orizuka di buku keempat nanti ^^

      Hapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS