[Review] Perfect Scenario by Kezia Evi Wiadji

Minggu, 20 September 2015


Judul : Perfect Scenario
Penulis : Kezia Evi Wiadji
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Terbit : Cetakan I September 2015
Tebal : 280hlm ; 20cm
ISBN : 978-602-03-2088-5
Bisa dibeli di : Bukupedia

Blurb :

"Dengar ya, kita harus pacaran!"

"HAH?"

"Mulai detik ini, lo pacar gue. Dan selama itu, lo ngga boleh jalan dengan cowok lain!"

"Eh, kamu kesurupan ya, tiba-tiba ngomong aneh begitu?!"

"Gue sadar seratus persen. Jadi dengar--"

"Sori, aku ngga mau!"

"Heh! Jangan ge-er dulu. Gue sebenarnya juga ngga mau pacaran sama lo. Tapi kali ini, mau ngga mau, kita harus!"  
***
Ajakan kencan ini akan membahagiakan Finda, seandainya ia menyukai Farel. Seandainya Farel bukan duri dalam dagingnya. Seandainya Finda tidak menyukai Niko (teman baik Farel). Dan seandainya Farel tidak sedang berkencan dengan Novi. Tetapi, ajakan kencan jauh dari romantis yang disodorkan Farel ini harus diterima Finda karena mereka mempunyai tujuan yang sama, yaitu membatalkan pernikahan orangtua mereka! 



"Kata 'akrab' bagi Finda dan Farel adalalah kata yang sangat sakral. Ia tidak yakin akan bisa." - halaman 20 

Perfect Scenario karya Kezia Evi Wiadji ini bercerita tentang Finda Arletta dan Farel Juventus yang sudah menjadi musuh bebuyutan sejak kecil. Bahkan mereka bisa dikatakan sebagai 'Tom and Jerry' yang sering bertengkar setiap saat jika bertemu. 

Hingga suatu hari Farel mendengar kabar bahwa Papanya berencana untuk menikah dengan Mama Finda. Farel kemudian memiliki sebuah skenario dan ia mengajak Finda untuk terlibat dalam skenario tersebut dengan tujuan yang sama, membatalkan pernikahan orangtua mereka.

Farel sebenarnya mengakui bahwa Mama Finda adalah orang yang baik, tapi ia tetap tak ingin pernikahan itu berlangsung. Lalu ketika ditanya oleh Finda mengapa Farel tak ingin Papanya dan Mama Finda menikah, Farel kemudian mengutarakan alasannya, yaitu karena ia tak ingin bersaudara dengan Finda. Seperti itu kah? Segitu keraskah permusuhan di antara mereka?

Jadi.... mari menyaksikan bagaimana berjalannya skenario ini. Apakah akan happy ending? Ataukah sad ending?


"Jangan memaksakan kebahagiaan dengan orang yang tidak tepat." - halaman 241

Perfect Scenario karya Kezia Evi Wiadji merupakan sebuah Teenlit terbitan Gramedia Pustaka Utama. Seperti kebanyakan Teenlit, buku ini juga menampilkan latar tempat sekolahan. Begitu juga dengan Perfect Scenario ini, digambarkan bahwa Finda dan Farel adalah seorang Murid SMA.

Untuk cover, saya suka covernya, cantik. Simple tapi cantik. Font yang digunakan untuk judulnya sendiri juga saya suka. Cover teenlit khas GramediaPustakaUtama-nya kerasa banget.

"Langit tampak suram, sesuram hatinya saat ini." - halaman 153


Perfect Scenario ini memiliki tebal 280 halaman, cukup tebal untuk ukuran Teenlit.
Menurut saya, Kezia Evi Wiadji membawakan sesuatu yang 'lebih seger' untuk karyanya yang satu ini. Ada sesuatu yang beda gitu, jika kalian sudah membaca beberapa karyanya sebelumnya, saya rasa kalian juga akan berpikiran seperti itu. Untuk Perfect Scenario sendiri, penulis menggunakan sudut pandang orang ketiga.

Lalu, kalau kalian bertanya pada saya, apa kah salah satu hal yang kutunggu dari sebuah novel teenlit? Maka saya akan menjawab bahwa yang paling kutunggu adalah gaya berbicara para tokoh. Untuk teenlit Perfect Scenario ini, penulis menggunakan dua gaya berbicara. Untuk Finda, ia menggunakan 'aku-kamu', sedangkan untuk Farel menggunakan 'gue-lo'. Sudah sering saya temukan sistem seperti ini di beberapa buku, di mana tokoh cewek menggunakan 'aku-kamu' dan tokoh cowok menggunakan 'gue-lo'. Bertolak belakang memang, tapi saya suka yang seperti itu.
  
"Seharusnya ia lebih memperhatikan keadaan gadis itu dan bukannya memperhatikan emosinya." - halaman 170.


Untuk karakter sendiri. Saya suka Niko! Saya kurang suka Farel, tokoh Farel sendiri menurut saya masih kurang diperjelas perasaannya mengingat dia adalah tokoh utama dalam cerita ini. Untuk Finda, ya kau adalah gadis yang kuat. Bagaimana dengan Novi? Maaf, saya tak ingin membahasnya.

"Jarak mungkin dekat, tetapi Papa takut, hatimu akan semakin menjauh." - halaman 172

Keluarga. Topik keluarga juga cukup besar di sini. Ini mengingatkan saya dengan karya penulis sebelumnya, yaitu Kimmy Puzzle dan juga Runaway yang juga melibatkan topik keluarga. Dan saya cukup suka dengan cerita yang melibatkan topik keluarga, saya serasa dirangkul untuk masuk dalam kehangatan keluarga di cerita tertentu, begitu juga dalam Perfect Scenario ini.

Dibandingkan dengan karya sebelumnya yang juga menceritakan lingkaran hidup remaja, yaitu I am Yours, rasanya saya lebih suka dengan Perfect Scenario ini. Sudah saya katakan kan bahwa teenlitnya yang satu ini lebih 'seger' ?

"Kali ini, kata 'pulang' terdengar menyenangkan dan nyaman di telinganya."- halaman 173

Okay, menurut saya semakin ke sini, karya Kezia Evi Wiadji semakin berkembang. Semakin bagus dari sebelumnya, apalagi tahun ini rasanya ia sangat produktif dalam mengeluarkan beberapa novel. Saya suka dengan Perfect Scenario ini, cocok dibaca untuk para remaja.
Semangat terus untuk karya-karyanya ya kak Evi^^


☆ : 4 Bintang untuk cerita ini.



Fikriah Azhari, 20 SEPTEMBER 2015

20 komentar:

  1. Aku suka tuh Kimmy Puzzle karena kocak banget, yang Perfect Scenario ini kocak juga nggak?

    BalasHapus
  2. Sebelumnya,saya tidak pernah tertarik sedikit pun membaca novel dengan genre "teenlit" . Tapi,begitu membaca review dan sinopsis teenlit ini,saya sangat penasaran dan ingin membacanya 😁

    BalasHapus
  3. Dari awal dah pantengin info PS di akun facebooknya mbak Kezia, jadi dah tahu dikit ceritanya juga dari review ini. TeenLit incaranku :)

    BalasHapus
  4. Perfect Scenario adalah buku yang masuk daftar wishlistku sejak kak Kezia suka promoinnya melalui akun twitter dan facebooknya. Apalagi setelah baca komentar para reader, makin tergila-gila deh ^^
    buat reviewnya, aku suka deh, karena simple dan komplit. Ngak berlebihan. Pas!

    BalasHapus
  5. Keren bangetnih.. Cerita Perfect Scenario, terimakasih ya udah di review makin banyak tau deh aku sama keseruan jalan cerita perfect scenario ini, udah ngincer buku ini dari lama^^ semoga di GA mu bisa menang❤❤

    BalasHapus
  6. Berasa lari pagi saat baca Review Perfect Scenario. Seger, Rileks, juga gregetan pengen cepet nyelesein ceritanya. Aih, dirimu membuatku Jatuh Cinta dengan Perfect Scenario. Tapi nggak bisa disangkal, dari dulu emang lebih suka `Teenlit` dari pada genre lainnya. Biar berasa awet muda aja. Hihi. Apalagi Perfect Scenario, pasti bakalan nular dah Imut-UnYu si Tokoh. Hiuuuuh. Penasaaraan bingit nih.

    Terima Kasih Fakriah!
    Review-nya Keren. Pas dengan genre Perfect Scenario yang ngegemesin abis.

    BalasHapus
  7. Aku benar-benar penasaran sama ini lho. Udah ikut GA dimana-mana, tetap aja namanya belum rezeki. Kebetulan aku lagi suka cerita yang pasangan pura-pura gitu, entah pacaran ataupun nikah. Lucu aja, sadar sama erasaan sendiri itu yg paling bikin greget. Hehehe

    BalasHapus
  8. Perfect scenario itu ceritanya sederhana aja kalau dilihat dari sinopsis. Tapi permasalah antar karakter yang bikin penasaran dan itu ribet banget. Cuman bisa menerka sendiri gimana akhir dari "pacar bohongan farel dan finda". Terus juga pas baca review yang lain, kebanyakan suka sama karakter NIKO. Hebat banget, bisa ngambil alih perhatian para pembaca yang biasanya lebih tertarik sama karakter utama. Jadi penasaran kebangetan sama cerita lengkapnya.
    Ini juga cerita yang anak muda banget. Jadi cocok lah sama usia. Dan yang lebih excited. Ini bukunya mbak kezia evi. Waw. Yang ceritanya ngga terlalu bertele-tele. Tapi paham maksud dari ceritanya itu apa. Nungguin banget perfect scenario buat dibaca.

    BalasHapus
  9. Dari pertama baca icip-icip Perfect Scenario di FP Mba Kezia Evi Wiadji udah bikin kepo banget >< apalagi pas ikutan giveaway-giveawaynya dimana-mana tapi ga dapet-dapet itu tuh rasanya greget banget pengen gigit orang :v
    ide ceritanya keren tapi tetep ringan khas remaja yang bisa bikin pembacanya cengar-cengir sendiri :D
    so, ditunggu banget novel Perfect Scenarionya ke pelukan aku hahaha *plok*

    BalasHapus
  10. Sebenarnya untuk usia saya yang sudah begini, saya malah suka novel teenlit. Hehehehe Novel teenlit karya Kak Kezia pasti akan menarik perhatian para readers soalnya covernya unyu-unyu banget deh. Aku pikir malah skenario film beneran. Membaca review Kak Fikriah aku jadi penasaran apalagi berkaitan dengan pernikahan antara beda keluarga. Pasti seru deh dan kayaknya mungkin aja sih benci berubah jadi cinta. Hehehe Kak Kezia selalu membuat siapa saja tersenyum dan ide-ide ceritanya selalu fresh dan ringan untuk dibaca. Khas remaja banget. :)

    BalasHapus
  11. Sebenarnya udah lama gak baca novel dengan genre teenlit ini tapi melihat sinopsis nya jadi penasaran gmn endingnya?? jangan2 ada kejutan di endingnya. ditambah dengan beberapa review yg saya baca tentang novel ini semakin membuat saya ingin membaca cerita lengkap. Yah, semoga saya berkesempatan membaca novel ini

    Terima Kasih kak untuk reviewnya... ^^

    BalasHapus
  12. Teenlit itu genre favorit aku! Bener banget kalau yang paling ditunggu itu dialog di dalamnya. Dialog cerdas dan kocak bikin gregetan. Udah beberapa kali ikutan GA novel ini tapi belum nyangkut. Semoga di blog ini jodoh ya. He he. Thanks reviewnya. Cukup mengobati penasaran. Sukses untuk blog ini dan mbak Kezia yang kece.

    BalasHapus
  13. aku punya banyak koleksi novel teenlit dan pas ngeliat sinopsis Perfect Skenario, aku jadii sukaa dan cinta sama novel ini ❤❤ makanya aku coba2 ikut giveaway buat dapetin novel gratis :") kalo ga dapet berarti kita ga jodoh :") tapi walaupun begitu aku akan berusaha berjodoh dgn beli novel ini di gramedia :") sukses buat kak pemilik blog ini dan kak kezia❤❤:*

    BalasHapus
  14. sebenernya kurang suka teenlit, mungkin karena aku udah gak umur segituan kali ya hahahaa... Tapi karya mba kezia ini aku lumayan suka, begitu menghibur, ada tema cinta anak remaja, persahabatan, jg keluarga. Pokoknya komplit! ;)

    BalasHapus
  15. Kangen banget pengen baca novel Teenlit. Eh, setelah baca reviewnya dapat rekomendasi bagus nih. Menilik darisinopsisnya saya tahu bahwa kisah dalam novel ini bakalan sweet ala mba Kezia. Ajakan berpacaran yang tampil dalambook blurb-nya terlihat asal-asalan tapi menurut saya itu romantis :D

    Apalagi pesan yang ingin disampaikan oleh penulis sangat menyita perhatian saya : "Hati-hati bagi kalian yang mempunyai musuh bebuyutan. Karena diambang batas benci, ternyata ada setitik rasa."

    BalasHapus
  16. pas baca diawal , ngajak kencannya gitu. Itu poin bagus banget buat bikin orang penasaran sama jalan ceritanya nanti.

    dan rasanya bagus juga ini jika memasukan topik keluarga. jadi nggak mellulu soal cinta yg biasanya banyak banget di genre teenlit

    BalasHapus
  17. Ini kover pertama lini Teenlit Gramedia yang aku suka, rasanya pas, tidak ada yang kurang. God job untuk covernya!
    Lalu, setelah baca Fikriah (manggilnya gimana ini?), aku ngerasa, wow, ini ada hubungannya sama pernikahan ayah dan ibu masing-masing. Aku jadi ragu sama alasan Farel, dia nolak hanya karena nggak mau sodaraan sama Finda, tapi ada alasan yang lain dia. Sukses terus Kak Kezia! Sukses terus juga buat Fikriah! ^^

    BalasHapus
  18. Reviewnya bagus nih, bikin orang yang baca penasaran tapi ga spoiler. Pengen tau kelanjutan ceritanya Finda-Farel, semoga pacaran beneran :3 dan kalo liat tadi ada nama Novi si pacarnya Farel, dia kayaknya tokoh yg menyebalkan ya? Tiap aku baca novel Kak Kezia pasti selalu ada tokoh cewek yg nyebelin wkwk. Kalo Novi berhasil bikin aku sebel berarti tokoh ciptaan Kak Kezia jago semua, bisa bikin pembaca kebawa suasana :D

    BalasHapus
  19. Dari awal ngebaca pertama di blog lain, sudah planing banget buat baca ampe ending nih
    #PerfectScenario Ini GA kesekian yg ikutan :D. Yg lain Gatot (Gagal Total) klo ni gagal lagi, merana beneran deh. Lg bokek uang buat pameran Tugas Akhir entar. *curhatsitik.
    Over all q suka awal dan q menebak2 endingnya. Unbroken Vow juga suka saya suka saya suka... :D pinjem dipersewaan akhirnya haha... Kak Kezia salud kece badai bikin baper ni hati. Tp banyak pelajaran juga yg bisa dipetik didalemnya. Smoga karya berikutnya makin kece dah. Amin.

    Terima Kasih :D

    BalasHapus
  20. Pas baca sinopsisnya bikin ketawa2 sendiri. Bayangin gimana perjalanan mereka memerankan sepasang kekasih. Pasti penuh cobaan dan humor :D Apalagi covernya cakep bget, jadi makin pengen beli ><

    BalasHapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS